Pengaruh kualitas pelayanan (Service quality) terhadap kepuasan konsumen Rumah Makan Lesehan Sate Kelinci di Jalan Raya Patimura no 126 Kota Batu

AgusYulionoEffendi (2010) Pengaruh kualitas pelayanan (Service quality) terhadap kepuasan konsumen Rumah Makan Lesehan Sate Kelinci di Jalan Raya Patimura no 126 Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan pengambilan data menggunakan kuisioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling yaitu teknik menentukan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sampel, jika syarat sampel dapat terpenuhi. Responden yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 70 orang. Data yang dikumpulkan adalah data primer dan data sekunder. Untuk analisis data menggunakan analisis faktor, dengan menggunakan program komputer SPSS versi 16.00. Hasil penelitian menunjukan bahwa hubungan dan pengaruhnya secara signifikan antara variabel-variabel bukti nyata (X1), keandalan (X2), kesigapan (X3), jaminan (X4) dan empati (X5). tetapi variabel yang lebih berpengaruh adalah variabel jaminan (X4). Kesimpulan hasil penelitian ini sebagian besar konsumen adalah berusia antara 34 - 38 tahun, berprofesi sebagai PNS, tingkat pendidikan terakhir S1, memiliki pendapatan C Rp. 2.000.000, dan Frekuensi kunjungan sebanyak 23-28 kali/tahun. Kualitas jasa pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen Rumah Makan Sate Kelinci, kualitas jasa meliputi variabel bukti nyata (tangibles), keandalan (reliability), kesigapan (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (emphaty). Variabel yang paling dominan berpengaruh adalah variabel jaminan (assurance). Disarankan bahwa untuk meningkatkan kualitas pelayanan, sebaiknya perlu ditingkatkan lagi pada faktor-faktor bukti nyata, keandalan, kesigapan, dan empati, karena faktor-faktor tersebut kurang signifikan terhadap kepuasan konsumen dan faktor jaminan perlu dipertahankan karena sudah dapat mempengaruhi kepuasan konsumen, dengan demikian kualitas palayanan Rumah Makan Lesehan Sate Kelinci akan lebih baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2010/154/051003570
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 02 Dec 2010 10:21
Last Modified: 20 Oct 2021 14:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/136540
[thumbnail of 051003570.pdf]
Preview
Text
051003570.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item