Pengaruh posisi box terhadap penyusutan bobot badan dan persentase penyusutan bobot badan pada ayam pedaging finisher dengan waktu pengiriman yang berbeda

RifkiSetyaWidodo (2010) Pengaruh posisi box terhadap penyusutan bobot badan dan persentase penyusutan bobot badan pada ayam pedaging finisher dengan waktu pengiriman yang berbeda. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dilaksanakan di peternakan kemitraan ayam pedaging milik Mitra Makmur Sejati (MMS) yang kantornya terletak di Kecamatan Pakis dan Pengepul ayam pedaging di Pasar Kebalen, Kabupaten Malang mulai tanggal 12 Maret sampai dengan 12 April 2010. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh posisi box terhadap penyusutan bobot badan dan persentase penyusutan bobot badan pada ayam pedaging finisher dengan waktu pengiriman yang berbeda. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah ayam pedaging Final Stock periode Finisher dengan strain cobb sebanyak 300 ekor, yang terdiri dari 150 ekor ayam jantan dan 150 ekor ayam betina, dengan rataan bobot badan untuk ayam jantan 2,195 + 0,12 sedangkan ayam betina 1,791 + 0,10. Metode yang digunakan adalah percobaan dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan beberapa observasi per experimental unit, dengan 1 perlakuan yaitu posisi box dan sebagai kelompok adalah waktu pengiriman. Variabel yang diamati adalah penyusutan bobot badan dan persentase penyusutan bobot badan. Jika antar perlakuan terdapat perbedaan maka menggunakan Uji BNT (Beda Nyata Terkecil). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rataan penyusutan bobot badan dan persentase penyusutan bobot badan pada ayam jantan berdasarkan posisi box pengiriman memberikan perbedaan pengaruh yang nyata (P < 0,05) terhadap penyusutan bobot badan dan persentase penyusutan bobot badan. Rataan penyusutan bobot badan dan persentase penyusutan bobot badan pada ayam betina menunjukkan bahwa posisi box pengiriman memberikan perbedaan pengaruh yang nyata (P<0,05) terhadap penyusutan bobot badan dan persentase penyusutan bobot badan. Rataan penyusutan bobot badan dan persentase penyusutan bobot badan pada ayam jantan berdasarkan waktu pengiriman memberikan perbedaan pengaruh yang nyata ( P < 0,05 ) terhadap rata-rata penyusutan bobot badan dan persentase penyusutan bobot badan. Rataan penyusutan bobot badan dan persentase penyusutan bobot badan pada ayam betina menunjukkan bahwa waktu pengiriman memberikan perbedaan pengaruh yang nyata (P<0,05) terhadap penyusutan bobot badan dan sangat nyata (P<0,01) terhadap persentase penyusutan bobot badan. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah penempatan posisi box bagian atas pada ayam jantan dan betina memberikan penyusutan bobot badan dan persentase penyusutan bobot badan tertinggi bila dibandingkan dengan posisi box bagian bawah. Waktu pengiriman ayam jantan dan betina pada siang hari memberikan penyusutan dan persentase penyusutan bobot badan tertinggi bila dibanding dengan pengiriman sore dan malam. Saran yang dapat diberikan pada penelitian ini adalah pada proses pengiriman ayam pedaging sebaiknya dilakukan pada waktu sore atau malam hari sehingga dapat menekan angka penyusutan bobot badan. Pada posisi box atas sebaiknya perlu diberi terpal supaya angin tidak mengenai tubuh ayam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2010/149/051003580
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 02 Dec 2010 09:40
Last Modified: 20 Oct 2021 14:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/136535
[thumbnail of 051003580.pdf]
Preview
Text
051003580.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item