Pengaruh jenis kelamin dan penambahan tepung daun pepaya terhadap bobot hidup, bobot karkas dan bagian tubuh lainnya pada itik Khaki Campbell

SigitDwiyanto (2010) Pengaruh jenis kelamin dan penambahan tepung daun pepaya terhadap bobot hidup, bobot karkas dan bagian tubuh lainnya pada itik Khaki Campbell. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dilaksanakan mulai tanggal 1 Desember sampai dengan 14 Januari 2009 di Laboratorium Lapang Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya Desa Sumber Sekar Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan informasi tentang jumlah penambahan tepung daun pepaya (Carica papaya L. Less) pada ransum itik, dan mengetahui tingkat pemberian tepung daun pepaya yang tepat sehingga mencapai hasil yang optimal terhadap bobot hidup, bobot karkas, dan bobot bagian tubuh lainnya pada itik Khaki Campbell jantan dan betina. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi tentang jumlah penggunaan tepung daun pepaya (Carica papaya L. Less) yang tepat sebagai bahan additive dalam pakan agar dapat menghasilkan bobot hidup, bobot karkas, dan bobot bagian tubuh lainnya yang optimal pada itik Khaki Campbell jantan dan betina. Materi penelitian ini adalah itik Khaki Campbell sebanyak 48 ekor yang berumur 21 hari, yang terdiri dari 24 ekor jantan dan 24 ekor betina yang koefisien keragamannya 11,46%, dan tepung daun pepaya. Metode penelitian adalah percobaan yang dirancang dengan Rancangan Acak Tersarang, dengan 4 perlakuan dan 3 ulangan dan tiap perlakuan menggunakan 2 ekor itik. Adapun perlakuan tersebut adalah penambahan tepung daun pepaya 0 % (P0), penambahan tepung daun pepaya sebanyak 1 % (P1), 2 % (P2), dan 3 % (P3). Variabel yang diukur adalah bobot hidup, bobot karkas dan bagian tubuh lainnya. Data dianalisis dengan Rancangan Tersarang dan jika hasil menunjukkan perbedaan pengaruh yang nyata atau sangat nyata maka dilanjutkan dengan Uji Beda Nyata Terkecil dan Uji Jarak Berganda Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kelamin berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap bobot hidup, bobot karkas dan bagian tubuh lainnya pada itik Khaki Campbell. Penambahan tepung daun pepaya dalam jenis kelamin juga berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap bobot hidup, bobot karkas dan bagian tubuh lainnya itik Khaki Campbell. Jumlah bobot hidup tertinggi pada itik Khaki campbell jantan adalah (1210,33 ± 17,83) g/ekor dan pada betina (823,37 ± 67,46) g/ekor, yang masing-masing diperoleh pada level penambahan sebanyak 2%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dengan penambahan tepung daun pepaya sebanyak 2 % pada pakan komersil dapat mengoptimalkan pertambahan bobot hidup, bobot karkas dan bagian tubuh lainnya pada itik Khaki Campbell jantan dan betina. Penambahan tepung daun pepaya lebih dari 2% pada pakan komersil dapat menurunkan penampilan produksi itik Khaki Campbell jantan dan betina. Pada pemeliharaan itik, disarankan untuk menambahkan tepung daun pepaya sebanyak 2 % dalam pakan itik untuk memperoleh penampilan produksi yang optimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2010/140/051003571
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id
Date Deposited: 01 Dec 2010 10:00
Last Modified: 20 Oct 2021 14:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/136526
[thumbnail of 051003571.pdf]
Preview
Text
051003571.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item