Analisis strategi pemasaran Restoran Ampera Kalimalang Jakarta

MuhammadAzharRifany (2010) Analisis strategi pemasaran Restoran Ampera Kalimalang Jakarta. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelaksanaan penelitian dilakukan di Restoran Ampera cabang Kalimalang Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama satu bulan yaitu pada tanggal 4 Juli - 4 Agustus 2009. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui strategi bauran pemasaran yang diterapkan oleh restoran Ampera Kalimalang, mengetahui faktor bauran pemasaran yang berpengaruh dominan terhadap keputusan konsumen untuk mengkonsumsi produk di restoran Ampera Kalimalang, mengetahui selera konsumen apakah lebih memilih produk peternakan atau perikanan di restoran Ampera Kalimalang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode accidental sampling. Data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer yang diperoleh melalui pengamatan langsung di lapangan, hasil kuisioner dari 100 responden konsumen dan wawancara dengan manajer rumah makan, sedangkan data sekunder diambil dari hasil pustaka. Metode yang digunakan adalah jenis penelitian survei yang digunakan untuk maksud penjelasan (explanatory). Penelitian dilakukan dengan mengambil sampel dari suatu populasi dan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok, untuk menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesa. Analisa data menggunakan Analisis statistik Regresi Linear Berganda dengan memperhatikan asumsi klasik. Data dan informasi yang didapat akan dianalisis secara deskriptif. ` Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel bebas (X) berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat yaitu keputusan pembelian (Y). Secara parsial variabel bebas (X) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Variabel produk makanan (X1) dan distribusi/tempat (X4) berpengaruh sangat signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Produk yang ditawarkan oleh restoran Ampera Kalimalang antara lain ayam goreng, ayam bakar dengan menggunakan bumbu tradisional khas sunda. Mekanisme dalam penentuan harga berdasarkan persetujuan dari pemilik waralaba, perbedaan harga tersebut berdasarkan lokasi outlet dan harga jual sebesar 120 persen dari harga beli bahan baku dan harga untuk masing-masing produk belum termasuk pajak sebesar 15 persen untuk pelayanan. Restoran terletak di daerah Kalimalang tepatnya di sekitar pertokoan dan ruko-ruko yang didukung oleh berbagai macam sarana seperti kemudahan transportasi umum. Restoran Ampera Kalimalang rata-rata menghabiskan 100 potong atau 25 ekor ayam dengan total bobot 42,5 kg dalam sehari, sehingga ayam menjadi produk yang paling disukai oleh konsumen. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi bauran pemasaran yang telah dijalankan oleh restoran Ampera Kalimalang yaitu terdiri dari Strategi produk diantaranya menyediakan masakan dengan menggunakan bumbu tradisional khas sunda. Strategi promosi yang dilakukan oleh pihak restoran adalah dengan memasang billboard di depan restoran dan menyebarkan brosur di sekitar daerah Kalimalang. Harga makanan maupun minuman yang ditetapkan oleh restoran Ampera Kalimalang relatif terjangkau oleh konsumen. Lokasi restoran terletak di daerah Kalimalang tepatnya di sekitar pertokoan dan ruko-ruko yang didukung oleh berbagai macam sarana seperti kemudahan transportasi umum. Berdasarkan hasil uji regresi linier berganda yang telah dilakukan, variabel produk makanan dan distribusi/tempat memiliki pengaruh sangat signifikan terhadap keputusan pembelian produk restoran Ampera Kalimalang. Saran penulis diantaranya adalah Meningkatkan promosi restoran dengan menggunakan media periklanan yang dikemas secara menarik. Untuk hasil penelitian selanjutnya hendaknya bisa melakukan penambahan terhadap variabel independen yang digunakan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2010/11/051000271
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id
Date Deposited: 02 Mar 2010 09:50
Last Modified: 20 Oct 2021 14:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/136522
[thumbnail of 051000271.pdf]
Preview
Text
051000271.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item