Pengaruh Perceived Value Terhadap Kepuasan Dan Niat Membeli Kembali Pada Konsumen Produk Umkm Pai Apel Malang

Rachmadiyanti, Safitri (2018) Pengaruh Perceived Value Terhadap Kepuasan Dan Niat Membeli Kembali Pada Konsumen Produk Umkm Pai Apel Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sektor pariwisata di Indonesia saat ini telah menjadi salah satu sektor yang memiliki perkembangan cukup pesat. Banyak destinasi wisata alam maupun buatan di Indonesia yang menjadi daya tarik wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Kota Malang telah dikenal sebagai Kota Pariwisata. Saat ini, Kota Malang menjadi salah satu kota di Jawa Timur yang dijadikan sebagai destinasi wisata oleh wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Sektor pariwisata semakin berkembang, semakin berkembang pula sektor industri khususnya industri makanan salah satunya yaitu bisnis oleh-oleh khas Kota Malang. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya toko oleh-oleh yang menyediakan berbagai macam oleh-oleh khas Kota Malang. UMKM Pai Apel Malang merupakan salah satu UMKM yang bergerak dalam industri makanan khususnya pengolahan buah apel dengan produk utamanya yaitu pai apel. UMKM Pai Apel Malang mulai dirintis pada tahun 2010. Beberapa tahun setelah memulai usaha, omset penjualan UMKM ini mengalami kenaikan. Namun, pada tahun 2015 mengalami penurunan sebesar 50% dari tahun sebelumnya dan tidak ada peningkatan pada tahun setelahnya. Produsen Industri makanan yang ada saat ini tidak hanya ditargetkan pada saat musim kunjungan saja, tetapi juga perlu diperhatikan keberlanjutannya, sehingga suatu usaha dalam bertahan dan tidak hanya bergantung pada musim kunjungan. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk menciptakan perceived value pada produk untuk dapat menciptakan niat membeli kembali oleh konsumen. Perceived value sangat penting untuk keberhasilan hubungan antara pembeli dan penjual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh perceived value terhadap terhadap kepuasan dan niat membeli kembali konsumen produk UMKM Pai Apel Malang dan pengaruh kepuasan terhadap niat membeli kembali konsumen produk UMKM Pai Apel Malang. Penelitian ini akan menggunakan metode Structural Equation ModelingPartial Least Square (SEM-PLS) sebagai metode analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel perceived value memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen (β = 0,713 dan P < 0,01) dan niat membeli kembali (β = 0,410 dan P < 0,01). Hal ini disebabkan karena menurut konsumen produk UMKM Pai Apel Malang memiliki kualitas yang baik, harga yang sesuai dengan produk, dan memiliki kegunaan/ manfaat bagi konsumen yang sesuai dengan harapan konsumen sehingga dapat meningkatkan kepuasan konsumen. Konsumen merasa puas sehingga muncul keinginan konsumen untuk membeli kembali produk dari UMKM Pai Apel Malang. Kepuasan konsumen memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat membeli kembali (β = 0,445 dan P < 0,01). Kepuasan konsumen dapat menciptakan niat membeliii kembali pada diri konsumen. Niat membeli kembali merupakan salah satu penentu dari loyalitas konsumen sehingga jika konsumen merasa puas maka akan muncul niat membeli kembali dan peluang untuk menjadikan konsumen yang loyal juga tingg

English Abstract

The tourism sector in Indonesia has become one of the fastest growing sectors. Many natural and artificial tourist destinations in Indonesia has became tourist attraction, both local and foreign tourists. Malang City has been known as the City of Tourism. Currently, Malang became one of the cities in East Java that serve as a tourist destination by tourists, both domestic tourists and foreign tourists. Tourism sector is growing, make developing industrial sector especially food industry, one of them is business souvenir typical of Malang. It can be seen from the many gift shops that provide various kinds of souvenirs typical of Malang. SMEs Pai Apel Malang is one of the SMEs engaged in the food industry especially the processing of apples with its main product is apple pie. SMEs Pai Apel Malang began pioneered in 2010. Several years after starting a business, this SMEs sales turnover has increased. However, in 2015 decreased by 50% from the previous year and no increase in the year after. Manufacturers food industry is currently not only targeted at the time of the visit, but also need to note the sustainability, so that an endeavor to survive and not just depending on the season visit. Therefore, it is important for the company to create perceived value in the product to create repurchase intention by consumers. This study aims to determine how perceived value influence on the satisfaction and repurchase intention of SMEs Pai Apel Malang’s products and the influence of satisfaction on consumers repurchase intention of products UMKM Pai Apples Malang. This research will use Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) method as data analysis method. The result showed that the variable of perceived value have positive and significant influence to consumer satisfaction variable (β = 0,713 and P <0,01) and repurchase intention (β = 0,410 and P <0,01). This is because according to the consumer product of SMEsPai Apel Malang have good quality, price according to product, and have usefulness/benefit for consumer which according to consumer expectation so that can increase consumer satisfaction. Customer satisfaction can create repurchase intention products from SMEs Pai Apel Malang. Consumer satisfaction has a positive and significant effect on repurchase intention (β = 0,445 and P <0,01). Consumer satisfaction can create repurchase intention to the consumer. Repurchase intention is one of the determinants of consumer loyalty so that if consumers feel satisfied it will emerge repurchase intention and the opportunity to make loyal customers are high

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2018/512/051809539
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Konsumen, Kualitas Produk - Manajemen, Loyalitas Pelanggan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 26 Nov 2018 02:33
Last Modified: 26 Nov 2021 09:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13651
[thumbnail of SAFITRI RACHMADIYANTI.pdf]
Preview
Text
SAFITRI RACHMADIYANTI.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item