Efisiensi distribusi susu segar dan implikasinya terhadap value added susu pasteurisasi : studi kasus pada KUD DAU Kecamatan Dau Kabupaten Malang

KaruniaSetyowatiSuroto (2009) Efisiensi distribusi susu segar dan implikasinya terhadap value added susu pasteurisasi : studi kasus pada KUD DAU Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengembangan kegiatan ekonomi yang berbasis peternakan merupakan salah satu kegiatan ekonomi yang memiliki prospek ke depan. Karakteristik produk peternakan (daging, susu, telur dan produk lainnya) yang merupakan salah satu bahan pangan dan permintaannya relatif tinggi. Karakteristik permintaan yang demikian dan potensial pengembangan yang masih cukup besar di Indonesia, menjadi alasan pokok untuk menjadikan peternakan menjadi salah satu sumber pertumbuhan bagi sektor pertanian. Permasalahan dalam penelitian meliputi: bagaimana saluran pendistribusian, margin pemasaran, tingkat efisiensi pemasaran dan efisiensi jalur pemasaran produk susu pasteurisasi KUD DAU. Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui saluran pemasaran produk susu pasteurisasi KUD DAU, tingkat efisiensi pemasaran dan kinerja jalur pemasaran pada unit usaha pengolahan susu pasteurisasi. Kegunaan penelitian ini adalah sebagai bahan informasi untuk mengadakan penelitian mengenai pemasaran susu pasteurisasi KUD DAU, bahan pertimbangan untuk menetapkan keputusan yang diambil oleh KUD DAU dan informasi untuk melakukan penelitian lebih lanjut. Kegiatan penelitian dilaksanakan di unit usaha pengolahan susu pasteurisasi KUD DAU. Kegiatan ini berlangsung pada Tanggal 1-30 April 2009. Cara pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling yaitu pengambilan sampel secara sengaja dengan kepentingan penelitian. Hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa jalur pemasaran pada unit usaha pengolahan susu pasteurisasi KUD DAU sebagai berikut: a. Produsen Konsumen b. Produsen Agen Pengecer Konsumen c. Produsen Pengecer Konsumen 1. Analisis Pendistribusian produk A. Margin Pemasaran Analisis margin pemasaran menunjukkan bahwa saluran II dan III tidak efisien, karena margin pemasaran yang terbentuk besar dibandingkan saluran II dan III. Saluran II terbentuk margin pemasaran sebesar Rp 450,00 dengan biaya pemasaran 5,5% dan keuntungan 16,6%. Saluran III terbentuk margin pemasaran sebesar Rp 550,00 dengan biaya pemasaran 22,7% dan keuntungan 50%. B. Harga yang diterima produsen Share harga yang diterima produsen pada saluran pemasaran I sebesar 76%. Saluran pemasaran II terbentuk share harga yang diterima produsen sebesar 67,8%. Saluran pemasaran III terbentuk share harga yang diterima produsen sebesar 63,3%. Nilai share harga yang diterima produsen pada ketiga saluran pemasaran diatas 40%, hal ini menunjukkan bahwa ketiga saluran pemasaran tersebut efisien. C. Share keuntungan per biaya Share keuntungan per share biaya yang terbesar terjadi pada saluran pemasaran I yaitu 9,09% tetapi saluran yang paling efisien adalah saluran II dan III, walaupun share keuntungan per share biaya yang terbentuk lebih kecil dari saluran pemasaran I, karena saluran II dan III terbentuk pemerataan antara share biaya pemasaran dan share keuntungan. D. Berdasarkan analisis kinerja jalur pemasaran (S-C-P) dapat disimpulkan bahwa: 1. Analisis strukur pasar, pemasaran susu pasteurisasi KUD DAU efisien. 2. Analisis perilaku pasar, pemasaran susu pasteurisasi KUD DAU efisien. 3. Analisis penamilan pasar, pemasaran susu pasteurisasi KUD DAU efisien. 2. Value added yang terbentuk dari pengolahan susu pasteurissi KUD DAU Value added yang terbentuk selama satu tahun produksi sebesar Rp 461.979.800,00, sedangkan value added yang terbentuk pada saluran distribusi I sebesar Rp 350,00 untuk agen serta sebesar Rp 450,00 untuk pengecer, pada saluran II dan III ada value added untuk instansi/mitra kerja/konsumen langsung sebesar Rp 550,00.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2009/88/050902174
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 20 Aug 2009 10:12
Last Modified: 20 Oct 2021 14:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/136509
[thumbnail of 050902174.pdf]
Preview
Text
050902174.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item