Pengaruh Penggunaan Limbah Teh Dalam Pakan Terhadap Persentase Karkas, Lemak Abdominal, Kandungan Lemak Daging Dan Berat Organ Dalam Ayam Pedaging

RatihHarisshinta (2009) Pengaruh Penggunaan Limbah Teh Dalam Pakan Terhadap Persentase Karkas, Lemak Abdominal, Kandungan Lemak Daging Dan Berat Organ Dalam Ayam Pedaging. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dilaksanakan pada 14 Maret sampai dengan 18 April 2009 di Laboratorium Lapang Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya di Desa Sumber Sekar, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Analisa pakan yang digunakan selama penelitian dilaksanakan di Laboratorium Nutrisi dan Makanan Ternak Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya. Analisis kandungan lemak daging dilaksanakan di Laboratorium Teknologi Hasil Ternak Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan limbah teh (Camelia sinensis ) dalam pakan terhadap persentase karkas, persentase lemak abdominal, kandungan lemak daging dan berat organ dalam ayam pedaging. Materi yang digunakan adalah Day Old Chick (DOC) ayam pedaging sebanyak 100 ekor strain Lohmann produksi PT. Multibreeder Adirama Indonesia. Metode yang digunakan adalah percobaan lapang dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Perlakuan yang digunakan adalah 5 perlakuan dengan 4 kali ulangan. Perlakuan berupa penggunaan limbah teh (Camelia sinensis ) pada pakan basal, yaitu P0 = 0 %, P1 = 1,25 %, P2 = 2,5 %, P3 = 3,75 % dan P4 = 5 %. Apabila ada perbedaan pengaruh diantara perlakuan maka dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncan’s. Kandang yang digunakan berjumlah 20 petak tiap petak diisi 5 ekor ayam pada periode starter dan periode finisher . Tiap petak dilengkapi dengan tempat pakan, tempat minum, pemanas lampu listrik 25 watt. Susunan pakan tiap perlakuan selama penelitian dibedakan atas pakan periode starter dan periode finisher . Bahan pakan yang digunakan terdiri dari jagung, konsentrat ayam pedaging, bekatul dan limbah teh (Camelia sinensis). Pakan dan air minum diberikan secara ad libitum . Variabel yang diamati dalam penelitian ini adalah persentase karkas, lemak abdominal, kandungan lemak daging dan berat organ dalam ayam pedaging. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan limbah teh (Camelia sinensis ) dalam pakan memberikan pengaruh tidak berbeda nyata terhadap persentase karkas, lemak abdominal, kandungan lemak daging dan berat organ dalam ayam pedaging kecuali berat organ hati. Penggunaan limbah teh dalam pakan ayam pedaging memberikan pengaruh yang berbeda nyata terhadap berat organ hati. Berdasarkan hasil penelitian yang dapat disarankan bahwa perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang pemanfaatan limbah teh (Camelia sinensis) dengan level penggunaan lebih dari 5 % dalam pakan ayam pedaging.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2009/84/050901850
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 13 Jul 2009 10:11
Last Modified: 20 Oct 2021 14:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/136505
[thumbnail of 050901850.pdf]
Preview
Text
050901850.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item