Pengaruh Waktu Penyimpanan Pada Aplikasi Edible Film Gluten Terhadap Kualitas Mikrobiologis (Escherichia coli, Staphylococcus aures, kapang dan khamir)

KhoirulAnam (2009) Pengaruh Waktu Penyimpanan Pada Aplikasi Edible Film Gluten Terhadap Kualitas Mikrobiologis (Escherichia coli, Staphylococcus aures, kapang dan khamir). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengambilan data dilaksanakan mulai 20 April sampai 26 Mei 2008 di Laboratorium Rekayasa dan Pengolahan Hasil Ternak, Laboratorium Fisiko Kimia Hasil Ternak serta Laboratorium Mikrobiologi Hasil ternak Program Studi Teknologi Hasil Ternak Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya Malang, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh waktu penyimpanan pada aplikasi edible film gluten kualitas mikrobiologis (E. coli, S. aureus, kapang dan khamir) keju Gouda. Hasil peneltian ini diharapkan dapat dipakai sebagai informasi tentang aplikasi edible film gluten sebagai pelapis pangan dan salah satu upaya pengendalian kualitas keju Gouda selama penyimpanan. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah edible film gluten, keju Gouda dan asam benzoat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah percobaan dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok. Perlakuan yang dicobakan adalah waktu penyimpanan. Variabel yang diukur dalam penelitian ini adalah kualitas mikrobiologis (E. coli, S. aureus, kapang dan khamir). Data dianalisis dengan menggunakan analisis ragam, apabila terdapa perbedaan kemudian diteruskan dengan Uji Jarak Berganda Duncan (UJBD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan waktu penyimpanan pada aplikasi edible film gluten memberikan perbedaan pengaruh yang sangat nyata (P<0,01) terhadap jumlah E. coli, S. aureus, kapang dan khamir keju Gouda. Selama penyimpanan keju Gouda yaitu dari 0 minggu sampai 4 minggu terjadi penurunan jumlah mikroorganisme tersebut Kesimpulan penelitian ini yaitu edible film gluten yang ditambahkan antimikroorganisme (asam benzoat) yang diaplikasikan pada keju Gouda, mampu menahan laju pertumbuhan mikroorganisme (E. coli, S. aureus, kapang dan khamir) yang terdapat di dalam keju Gouda.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2009/52/050901126
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 20 Apr 2009 10:27
Last Modified: 20 Apr 2009 10:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/136474
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item