Pengaruh penggunaan campuran limbah mie dan limbah ubi jalar ungu sebagai pengganti jagung dalam pakan terhadap kualitas karkas ayam pedaging

LennyHendrawati (2009) Pengaruh penggunaan campuran limbah mie dan limbah ubi jalar ungu sebagai pengganti jagung dalam pakan terhadap kualitas karkas ayam pedaging. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 1 November sampai 5 Desember 2008 di di kandang ayam pedaging milik Bapak Bakri di Desa Junrejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan CLMUJU sebagai pengganti jagung dalam pakan terhadap kualitas karkas ayam pedaging yang meliputi berat karkas dan persentase karkas, persentase lemak abdominal, persentase berat potongan karkas (% dada, % sayap, dan % paha), dan persentase lemak daging. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 ekor Day Old Chick (DOC) ayam pedaging unsexed, strain Lohmann dengan rata-rata berat awal 45,71 ± 2,52 g/ekor dan dipelihara selama 35 hari. Bahan pakan yang digunakan pada penelitian ini adalah konsentrat, bekatul dan jagung yang disusun berdasarkan kebutuhan zat makanan untuk ayam pedaging periode pemeliharaan (starter dan finisher) dan diberikan secara ad libitum. Pakan menggunakan CLMUJU sebanyak 0 % (P0), 15 % dalam pakan (P1), 30 % dalam pakan (P2), 45 % dalam pakan (P3) dan 60 % dalam pakan (P4). Kandang yang digunakan sebanyak 20 unit kandang percobaan berukuran 70 x 70 x 60 cm dengan alas sekam yang dilengkapi lampu pijar 25 watt sebagai penerangan, tempat pakan dan tempat minum dan brooder sebagai pemanas. Metode yang digunakan adalah metode percobaan lapang dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap yang terdiri dari 5 perlakuan dan 4 ulangan, masing-masing ulangan berisi 5 ekor ayam, adanya perbedaan yang nyata dilakukan uji Beda Nyata Terkecil (BNT). Variabel yang diukur adalah berat karkas dan persentase karkas, persentase lemak abdominal, persentase berat potongan karkas (% dada, % sayap, dan % paha), dan persentase lemak daging. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan CLMUJU sampai tingkat 60% dalam pakan (100 % sebagai pengganti jagung) memberikan pengaruh yang tidak berbeda nyata (P>0,05) terhadap berat karkas dan persentase karkas, persentase lemak abdominal, persentase berat potongan karkas (% dada, % sayap, dan % paha), serta persentase lemak daging. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa CLMUJU tidak dapat digunakan sebagai pengganti jagung dalam pakan ayam pedaging karena tidak dapat meningkatkan kualitas karkas ayam pedaging.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2009/45/050900928
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 31 Mar 2009 13:41
Last Modified: 20 Oct 2021 10:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/136467
[thumbnail of 050900928.pdf]
Preview
Text
050900928.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item