Penggunaan tepung ampas koji dan suhu pemasakan dalam pembuatan bakso daging sapi ditinjau dari tekstur, kadar protein, asam amino dan sifat organoleptik

EvaDianita (2009) Penggunaan tepung ampas koji dan suhu pemasakan dalam pembuatan bakso daging sapi ditinjau dari tekstur, kadar protein, asam amino dan sifat organoleptik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengambilan data penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai dengan bulan Mei 2008 di Laboratorium PT Elson Bernardi Pasuruan dan Laboratorium Uji Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan tepung ampas koji dan suhu pemasakan dalam pembuatan bakso daging sapi ditinjau dari sifat fisik, kimia serta respon penerimaan konsumen terhadap bakso daging sapi. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah bakso daging sapi dengan penambahan tepung ampas koji dan suhu pemasakan yang berbeda dan ditambah dengan bumbu-bumbu seperti garam, gula, lada, bawang putih, STPP, MSG, kaldu sapi bubuk, air serta tapioka. Metode yang digunakan adalah percobaan dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial dengan 2 faktor. Faktor pertama yaitu persentase penambahan tepung ampas koji dan faktor kedua yaitu suhu pemasakan. Variabel yang diukur pada penelitian ini adalah tekstur, kadar protein, asam amino dan mutu organoleptik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan tepung ampas koji berbeda nyata (P<0,01) terhadap kadar protein dan tekstur bakso daging sapi. Perlakuan suhu pemasakan berbeda sangat nyata (P<0,01) terhadap tekstur bakso daging sapi dan berbeda tidak nyata (P>0,05) terhaap kadar protein bakso daging sapi. Kombinasi penambahan tepung ampas koji dan suhu pemasakan berbeda sangat nyata (P<0,01) terhadap mutu organoleptik dan tekstur bakso daging sapi dan berbeda tidak nyata (P>0,05) terhadap kadar protein bakso daging sapi. Disimpulkan bahwa penggunaan kombinasi penambahan tepung ampas koji dan suhu pemasakan pada produk bakso daging sapi memberikan pengaruh terhadap tekstur dan sifat organoleptik, dimana semakin tinggi tepung ampas koji yang ditambahkan akan menurunkan kualitas bakso daging sapi yang dihasilkan. Disarankan perlu adanya penelitian lebih lanjut tentang tepung ampas koji sehingga dihasilkan tepung ampas koji yang lebih variatif dan mendapatkan produk bergizi tinggi dengan harga yang terjangkau oleh semua lapisan masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2009/151/050903666
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 21 Jan 2010 09:52
Last Modified: 20 Oct 2021 10:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/136427
[thumbnail of 050903666.pdf]
Preview
Text
050903666.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item