Analisis Struktur Biaya Transportasi Pengumpulan Susu Segar di KUD DAU Kabupaten Malang

SyahbudinUba (2009) Analisis Struktur Biaya Transportasi Pengumpulan Susu Segar di KUD DAU Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian tentang Analisis Struktur Biaya Transportasi Pengumpulan Susu Segar ini dilaksanakan di KUD DAU. Penelitian ini dimulai sejak tanggal 19 Januari sampai dengan 19 Februari 2009. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besar biaya pengumpulan susu segar yang dikeluarkan oleh peternak, besar biaya pengumpulan susu segar dari pos penampungan sementara ke pos penampungan induk dan dari pos penampungan induk ke PT. Nestle Indonesia. Kegunaan dari penelitian ini adalah sebagai sumber informasi tentang pengelolaan pengumpulan susu segar oleh KUD DAU, instansi atau lembaga terkait untuk dapat menekan biaya transportasi pengumpulan susu segar, dan sebagai informasi bagi penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan masalah biaya transportasi pengumpulan susu segar. Metode yang digunakan adalah metode survey, yaitu pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara dengan pengurus atau karyawan di KUD "DAU" serta petani ternak sebagai anggota KUD "DAU" . Data yang diperoleh berupa data primer dan data sekunder, yang akan dianalisis secara deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa biaya pengumpulan susu segar yang dikeluarkan peternak adalah sebesar Rp. 669,82/lt/hr. Sedangkan biaya tranportasi pengumpulan susu segar dari pos penampungan sementara ke pos penampungan induk adalah sebesar Rp. 84,53/lt/hr dengan rincian biaya tetap sebesar Rp.11,18/lt/hr dan biaya variabel sebesar Rp.73,35/lt/hr. Biaya transportasi pengumpulan susu segar yang dikeluarkan KUD DAU untuk dikirim ke PT. Nestle Indonesia adalah sebesar Rp.154,61/lt/hr, dimana biaya tetap adalah sebesar Rp.17,56/lt /hr dan biaya variabel sebesar Rp.137,04/lt/hr. Biaya transportasi pengumpulan susu segar pada KUD DAU yang cukup tinggi, maka disarankan agar pihak koperasi mengontrol pengeluaran biaya transportasi pengumpulan susu segar sehingga biaya yang dikeluarkan dapat lebih efisien, dan mengatur jadwal penyetoran susu segar secara konsisten agar waktu yang diperlukan oleh peternak untuk menyetorkan susu tidak terlalu lama, sehingga biaya opportunitas antrian susu oleh peternak penyetor susu tidak tinggi.

English Abstract

The research carried out at "KUD DAU" Dau district, Malang regency, from 19 January to 19 February 2009. The objective of the research were to know about the transportation cost of collecting fresh milk in the expended milk farm supplier, and in the expended "KUD DAU", with detail transportation cost from "Milk Collecting Unit" to Milk Center and milk center to "PT. Nestle Indonesia. The result showed that the transportation cost of collecting fresh milk in the expended milk farm supplier at "KUD DAU" are Rp.669,82/lt/hr. Analyzing the transportation cost of collecting fresh milk in the expended "KUD DAU" are Rp.239,13/lt/hr, which fixed cost (Rp.28,74/lt/hr) and variable cost (Rp.210,39/lt/hr), with detail transportation cost from "Milk Collecting Unit" to Milk center are Rp.84,53/lt/hr, which consist of fixed cost (Rp.11,18/lt/hr) and variable cost (Rp.73,35/lt/hr), and from milk center to PT. Nestle Indonesia are Rp. 154,61/lt/hr, which consist of fixed cost (Rp.17,56/lt/hr) and variable cost (Rp.137,04/lt/hr). It can be concluded that the transportation cost fresh milk was expensive. Therefore, the coopereative staff should control the transportation expenses, especially repair of vehicles cost and make schedule acceptance consistence to implementation by official "PPS" and milk farm supplier until not occur long a queue by milk farm supplier, and opportunity cost milk a queue by milk farm supplier not too high.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2009/111/050902661
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 29 Oct 2009 10:32
Last Modified: 20 Oct 2021 11:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/136384
[thumbnail of 050902661.pdf]
Preview
Text
050902661.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item