Strategi pemasaran susu pasteurisasi di Koperasi SAE Kecamatan Pujon Kabupaten Malang : studi Deskriptif Lanjutan tentang Pemasaran Susu Pasteurisasi KOP SAE dengan mendasarkan pada Analisis SWOT

RosyidaFajriR (2008) Strategi pemasaran susu pasteurisasi di Koperasi SAE Kecamatan Pujon Kabupaten Malang : studi Deskriptif Lanjutan tentang Pemasaran Susu Pasteurisasi KOP SAE dengan mendasarkan pada Analisis SWOT. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dilaksanakan pada tanggal 9 Juli sampai dengan 9 Agustus 2007 di unit usaha susu pasteurisasi koperasi SAE kecamatan Pujon kabupaten Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui problematik apa dan bagaimana strategi pemasaran susu pasteurisasi koperasi SAE yang digunakan, meliputi analisa kondisi lingkungan internal dan eksternal usaha serta strategi yang digunakan oleh koperasi SAE dalam pemasaran susu pasteurisasi. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu sumber informasi dan data tentang strategi pemasaran, khusunya yang dilakukan oleh koperasi, sebagai media untuk menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa khususnya tentang strategi pemasaran, serta sebagai sarana evaluasi terhadap koperasi dan unit usaha pasteurisasi untuk menyikapi strategi pemasaran berdasarkan kondisi lingkungan internal dan eksternal yang ada pada koperasi yang berpengaruh terhadap pengembangan koperasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode survey, dimana pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi pada unit usaha susu pasteurisasi. Analisis yang digunakan adalah analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity,dan Threat). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi lingkungan internal koperasi SAE cukup baik, hal ini dapat dilihat dari skor kekuatan (Strength) yang terdiri atas = 2,00 lebih besar dibandingkan dengan kelemahan (Weakness) = 0,90 sehingga pada matriks internal factor menunjukkan nilai positif. Sedangkan pada kondisi lingkungan eksternal, nilai peluang (Opportunities) yang didapat adalah sebesar 1,80, lebih besar dibandingkan dengan nilai ancaman (Threats) = 0,95 sehingga nilai yang ditunjukkan pada matriks eksternal faktor adalah positif. Kesimpulan dari hasil analisis lingkungan internal dan lingkungan eksternal pada unit usaha susu pasteurisasi KOP SAE menunjukkan hasil baik dan memberi prospek yang bagus untuk kemajuan usaha, hal ini dapat dilihat dari nilai kekuatan lebih besar dibandingkan kelemahan (S = 2,00 > W = 0,90) serta nilai peluang lebih besar dibandingkan ancaman (O = 1,80 > T = 0,95). Penentuan strategi yang tepat adalah rapid strategy, yaitu strategi yang nilai faktor kekuatan lebih besar daripada peluang. Pada strategi ini semua peluang bisa ditangkap oleh perusahaan mengingat faktor kekuatan lebih besar daripada faktor peluang. Selain itu juga menerapkan stategi SO yaitu dengan meningkatkan pelayanan terhadap konsumen, membina dan menjaga hubungan baik dengan konsumen, dan lebih mensosialisasikan produk serta memperluas daerah pemasaran. Disarankan pada unit usaha susu pasteurisasi KOP SAE untuk menjaga kualitas produk yang dihasilkan, berusaha menjangkau daerah pemasaran yang lebih luas, meningkatkan kegiatan dan pengalokasian dana khusus untuk promosi yang berakibat pada peningkatan penjualan dan merencanakan, mengontrol, dan mengevaluasi kegiatan pemasaran yang dilakukan.

English Abstract

This research held from july 9th until August 9th 2007 in KOP SAE’s pasteurization unit in Pujon, Malang. The purpose of this research were to know about milk pasteurization’s problematic and marketing strategy in KOP SAE Pujon, Malang. It comprises internal and external analysis factor in KOP SAE’s pasteurization milk unit and what kind of strategy would be used in pasteurized milk’s marketing The results from this research expected to be used as one of data and information source about marketing strategy especially in cooperation and as media for students for adding their knowledge about marketing strategy, and also used as evaluation media for cooperation and pasteurization milk unit to apply the marketing strategy based on internal and external factor that influenced cooperation development. Method used in this research was survey method including observation, interview, and documentation in pasteurization milk unit in KOP SAE Pujon Malang. Datas from this research analyzed by using SWOT Analisis (Strength, Weakness, Opportunity, and Threat) The results of this research shows that internal and external factors was good. Internal factors score, strengths, was larger than weakness factors (S = 2,00 > W = 0,90), so does on external factors score which its opportunities score was larger than it’s threats ( O = 1,80 > T = 0,95). This condition made both internal and external matrix positive. These number show good condition in pasteurization milk unit and make this unit have good prospect. Strategy that suggested to used was rapid strategy, which all opportunities can be catched because its strength are stronger than its opportunities. Suggested to KOP SAE’s pasteurization milk unit to keep the quality of their product, increase marketing area and promotional budget, and also make marketing plan, including controlling and evaluating marketing program.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2008/65/050801253
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 30 Apr 2008 10:19
Last Modified: 20 Oct 2021 11:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/136336
[thumbnail of 050801253.pdf]
Preview
Text
050801253.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item