Pengaruh pemberian campuran daun wortel dan isi rumen sebagai pengganti wheat pollard dalam pakan terhadap berat dan persentase karkas, organ dalam kelinci New Zealand White

TommySugiandokoA (2008) Pengaruh pemberian campuran daun wortel dan isi rumen sebagai pengganti wheat pollard dalam pakan terhadap berat dan persentase karkas, organ dalam kelinci New Zealand White. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Lapang Sumbersekar Kecamatan Dau Kabupaten Malang dan di Laboratorium Nutrisi dan Makanan Ternak Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya Malang.mulai bulan Juli sampai Agustus 2007 Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan campuran daun wortel (DW) dan isi rumen (IR) sebagai pengganti wheat pollard (WP) terhadap berat dan presentase karkas, dan berat organ dalam kelinci New Zealand White . Materi yang digunakan adalah kelinci New Zealand White sebanyak 24 ekor dengan umur 3-6 minggu yang diperoleh dari peternak kelinci di Desa Songgokerto, Kota Batu. Metode penelitian yang digunakan adalah percobaan dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dan dilanjutkan dengan Uji Beda Nyata Terkecil (BNT), yang terdiri dari empat perlakuan dan tiga kelompok, pengelompokannya berdasarkan berat badan. Adapun perlakuan tersebut adalah perlakuan pertama (P0): 90 % WP + 10 % bungkil kedelai (BKk) dan molases (MO), perlakuan kedua (P1): 60 % WP + 30 % IR dan DW + 10% BKk dan MO, perlakuan ketiga (P2): 30 % WP + 60 % IR dan DW + 10% BKk dan MO, dan perlakuan keempat (P3): 90% IR dan DW + 10% BKk dan MO. Variabel yang diukur adalah konsumsi bahan kering (BK), pertambahan berat badan (PBB), berat karkas, persentase karkas, berat organ dalam, dan panjang saluran pencernaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kelompok berat badan memberikan pengaruh yang nyata terhadap semua variabel. Hasil statistik untuk pakan perlakuan menunjukkan pengaruh yang sangat nyata (P<0,01) terhadap pertambahan berat badan (PBB), dan organ dalam, sedangkan yang memberikan pengaruh tidak nyata (P>0,05) adalah terhadap konsumsi BK, berat karkas, dan persentase karkas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan 60% DW dan IR + 30% WP (P2) memberikan konsumsi bahan kering, PBB, berat karkas, dan persentase karkas tertinggi berturut –turut adalah 2597 g, 631,33 g, 606 g, 51,92 %. Sedangkan untuk organ pada perlakuan P2 juga menunjukkan rata-rata nilai tertinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian campuran 60% DW dan IR dapat digunakan sebagai pakan kelinci. Pada level tersebut dapat meningkatkan PBB dan berat organ dalam, tetapi tidak memperbaiki konsumsi BK, berat dan persentase karkas kelinci New Zealand White.

English Abstract

The purpose of this experiment was to know the effect of utilization of rumen content and carrot leaf as a substitute of wheat pollard on rabbit carcass weight, carcass percentage, and internal organ weight of New Zealand White rabbit. The experiment was carried out at Sumbersekar field laboratory from July to August 2007 and Animal Nutrition Laboratory, Animal Husbandry Faculty, Brawijaya University Malang. Materials used in this experiment were 24 New Zealand White kidlings aged 3-6 weeks. Feed rations used in this experiment were: first treatment (P0) 10% soybean meal and mollases mixture + 90% wheat pollard, second treatment (P1) 10 % soybean meal and mollases mixture + 60% wheat pollard + 30% rumen content and carrot leaf, third treatment (P2) 10% soybean meal and mollases mixture 30% wheat pollard + 60% rumen content and carrot leaf, and fourth treatment (P3) 10% soybean meal and mollases mixture + 90% rumen content and carrot leaf. The variables measured were carcass weight, carcass percentage, and internal organ weight. The data obtained was subjected to analysis of variance of the Randomized Block Design. The result of this experiment showed that high significant (P<0,01) for body weight gain, and internal organ weight, but not significant (P>0,05) for feed consumption, carcass weight, and carcass percentage. The conclusion of this experiment was that wheat pollard could be subtituted by mixture of rumen content and carrot leaf up to 60 %.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2008/55/050801102
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 09 Apr 2008 14:19
Last Modified: 20 Oct 2021 11:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/136325
[thumbnail of 050801102.pdf]
Preview
Text
050801102.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item