ZakfarShodik (2008) Pemasaran ayam pedaging pada peternak anggota kemitraan PT. Sinar Sarana Sentosa Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian dilaksanakan pada peternakan plasma ayam pedaging anggota kemitraan P.T Sinar Sarana Sentosa yang berlokasi di Kediri pada tanggal 10 juli – 10 agustus 2007. tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui saluran pemasaran ayam pedaging, lembaga – lembaga pemasaran yang berperan dalam pemasaran ayam pedaging di P.T Sinar Sarana Sentosa Kediri, mengetahui tingkat efisiensi pemasaran dilihat dari margin pemasaran, share yang diterima peternak, share biaya pemasaran dan share keuntungan dari lembaga pemasaran yang terlibat dalam pemasaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Lokasi dan sampel diambil secara sampling yaitu 32 peternak, 4 orang pedagang besar dan 24 orang pedagang pengecer. Data di analisis dengan analisis margin pemasaran, share harga dan share keuntungan per biaya pada lembaga pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pemasaranya sama yaitu peternak – pedagang besar – pedagang pengecer – konsumen. Hasil analisa margin pemasaran menunjukkan bahwa distribusi pada ke empat saluran terjadi pada pedagang besar dan pengecer. Pada saluran I distribusi margin = 13.97 % (Rp. 1222.12 per Kg ), pada saluran II distribusi margin = 12.39 % (Rp. 1072.78 per Kg ), pada saluran III distribusi margin = 13.78 % (Rp. 1202.00 per Kg ) dan pada saluran IV distribusi margin = 12.46 % (Rp. 1078.80 per Kg ). Share keuntungan per biaya pada masing masing peternak sama yaitu sebesar Rp. 0.08 , pada pedagang perantara masing masing berbeda yaitu saluran I sebesar Rp. 0.14 saluran II, III dan VI juga sama yaitu sebesar Rp. 0.13 . Disarankan pada perusahaan agar tidak terlalu menekan harga pada peternak, peternak mendapatkan keuntungan yang sedikit sedangkan biaya yang mereka keluarkan lebih banyak, juga resiko yang ditanggung begitu besar. Sedangkan pada pedagang perantara biaya yang dikeluarkan sedikit dan resiko juga kecil tetapi keuntungan lebih besar dari peternak sehingga harga yang diterima konsumen lebih mahal. Untuk itu harus ada pengawasan dari pemkot atau dinas terkait mengenai pemasaran ayam pedaging dari mulai pemasaran awal sampai akhir yaitu peternak sampai pada tangan konsumen agar semua lembaga-lembaga yang ada dalam pemasaran mendapatkan keuntungan yang sewajarnya dengan tidak merugikan satu sama lain.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FPT/2008/3/050800187 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry |
Divisions: | Fakultas Peternakan > Peternakan |
Depositing User: | Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id |
Date Deposited: | 08 Feb 2008 10:48 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 00:20 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/136299 |
![]() |
Text
050800187.pdf Download (2MB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Download (32kB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Download (13kB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Download (3kB) |
![]() |
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Download (1kB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |