Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian susu Dancow 1+ : studi pada Ibu Rumah Tangga Kelurahan Penanggungan Kecamatan Klojen Kotamadya Malang

AndrianaElisawati (2008) Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian susu Dancow 1+ : studi pada Ibu Rumah Tangga Kelurahan Penanggungan Kecamatan Klojen Kotamadya Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian tentang Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Susu Dancow 1+ (Studi Pada Ibu Rumah Tangga Kelurahan Penanggungan Kecamatan Klojen Kotamadya Malang) ini telah dilaksananakan pada 3 Maret – 3 April 2008. Adapun tujuan penelitian, yaitu: pertama, untuk mengetahui apakah atribut produk susu Dancow 1+ yang meliputi jenis susu, rasa, bahan kemasan, volume kemasan, bahan tambahan, hadiah dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian; kedua, untuk mengetahui atribut produk manakah diantara jenis susu, rasa, bahan kemasan, volume kemasan, bahan tambahan, hadiah dan harga yang paling mempengaruhi ibu rumah tangga dalam keputusan pembelian susu Dancow 1+; dan terakhir , untuk mengetahui kombinasi atribut produk susu Dancow 1+ manakah yang mampu memenuhi kebutuhan konsumen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah menggunakan purposive sampling . Data yang diambil sebanyak 60 responden di seluruh wilayah Kelurahan Penanggungan Kecamatan Klojen Kotamadya Malang. Analisa data dilakukan secara kuantitatif, kualitatif dan deskriptif. Analisa kuantitatif digunakan untuk menentukan tingkat kepentingan relatif berdasarkan persepsi pelanggan dan nilai kegunaan yang muncul dari atribut-atribut susu Dancow 1+. Analisa kualitatif digunakan untuk menganalisis data berupa tabel dan grafik, sedangkan analisis deskriptif ini dipakai untuk mendeskripsikan karakteristik responden yang diteliti serta distribusi item dari masing-masing variabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari hasil analisis conjoint, atribut produk susu Dancow 1+ yang meliputi: jenis susu, rasa, bahan kemasan, volume kemasan, bahan tambahan, hadiah dan harga berpengaruh terhadap keputusan ibu rumah tangga untuk membeli susu Dancow 1+ hal ini ditunjukkan dengan nilai Pearsons R sebesar 0,975 dengan nilai significance = 0,0000 dan Kendall’s tau sebesar 0,841 dengan nilai significance = 0,0000. Berdasarkan nilai average importance ketujuh atribut susu Dancow 1+, atribut produk yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian susu Dancow 1+ diantara jenis susu, rasa, bahan kemasan, volume kemasan, bahan tambahan, hadiah dan harga adalah atribut bahan tambahan dengan nilai average importance sebesar 22,26. Sedangkan kombinasi atribut produk susu Dancow 1+ yang mampu memenuhi kebutuhan konsumen adalah sebagai berikut: jenis susu kental, rasa coklat, serta bahan kemasan terbuat dari kaleng, volume kemasan 800 gram, bahan tambahan berupa zat kecerdasan, hadiah VCD ilmu pengetahuan, harga Rp. 16.000,-. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: pertama , atribut produk susu Dancow 1+ yang meliputi: jenis susu, rasa, bahan kemasan, volume kemasan, bahan tambahan, hadiah dan harga berpengaruh terhadap keputusan ibu rumah tangga untuk membeli susu Dancow 1+ (Pearsons R = 0,975 (significance = 0,0000 ) dan Kendall’s tau = 0,841 (significance = 0,0000 )) . Kedua, atribut produk yang paling mempengaruhi ibu rumah tangga dalam membeli susu Dancow 1+ diantara jenis susu, rasa, bahan kemasan, volume kemasan, bahan tambahan, hadiah dan harga adalah atribut bahan tambahan ( average importance = 22,26). Ketiga, kombinasi atribut produk susu Dancow 1+ yang mampu memenuhi kebutuhan konsumen (diurutkan berdasarkan tingkat rata-rata kepentingan /average importance ) adalah sebagai berikut: bahan tambahan berupa zat kecerdasan, rasa coklat, hadiah VCD ilmu pengetahuan, volume kemasan yang diinginkan 800 gram, harga Rp. 16.000,-, jenis susu kental, serta bahan kemasan terbuat dari kaleng.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2008/105/050802123
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id
Date Deposited: 21 Aug 2008 13:38
Last Modified: 20 Oct 2021 11:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/136199
[thumbnail of 050802123.pdf]
Preview
Text
050802123.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item