MustikoAjiPamungkas (2007) Strategi pemasaran sapi potong pada Peternakan Milik Bapak H. Syamsudin di Kabupaten Ponorogo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian dilaksanakan pada Peternakan milik Bapak H. Syamsudin di kabupaten Ponorogo pada tanggal 14 Juni-15 Juli 2007. Tujuan penelitian adalah mengetahui kondisi lingkungan internal dan eksternal dari Peternakan milik Bapak H. Syamsudin, meliputi : kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman sebagai salah satu dasar strategi pemasaran dan menentukan strategi pemasaran berdasarkan kondisi lingkungan internal dan eksternal dari perusahaan. Kegunaan penelitian adalah sebagai bahan informasi dan bahan pertimbangan bagi Peternakan milik Bapak H. Syamsudin mengenai strategi pemasaran yang tepat untuk mengembangkan usahanya serta sebagai bahan informasi bagi konsumen Peternakan milik Bapak H. Syamsudin pada khususnya dan konsumen di luar pada umumnya. Pemilihan lokasi Peternakan milik Bapak H. Syamsudin dilakukan dengan purposive sampling . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei, dimana teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis berdasarkan faktor kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities) dan ancaman ( threats). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kondisi lingkungan yang ada di Peternakan milik Bapak H. Syamsudin adalah cukup baik hal ini berdasarkan pada matriks faktor strategi internal yang menunjukkan nilai positif (+), dimana nilai kekuatan/strengths lebih besar daripada kelemahannya/weakness (S = 2,26 > W = 0,66). sedangkan berdasarkan matriks faktor stategi eksternal juga menunjukkan nilai positif dimana nilai peluang/oppourtunity lebih besar daripada nilai ancaman/treaths (O = 1,96 > T = 0,74). Kesimpulan dari hasil penelitian adalah dari analisis lingkungan internal dan lingkungan eksternal pada Peternakan milik Bapak H. Syamsudin menunjukkan hasil baik dan memberi prospek yang bagus untuk kemajuan usaha tersebut, hal ini berdasarkan dengan total skor faktor kekuatan dan peluang (SO = 4,22). Penentuan strategi yang tepat adalah rapid strategy , yaitu strategi yang nilai faktor kekuatan lebih besar daripada peluang. Selain itu juga menerapkan stategi SO yaitu dengan meningkatkan pelayanan terhadap konsumen, membina dan menjaga hubungan baik dengan konsumen dan memanfaatkan modal untuk memperluas daerah pemasaran. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, disarankan bagi Peternakan milik Bapak H. Syamsudin untuk terus menerus melakukan pengembangan dan peningkatan terhadap kualitas sapi hasil penggemukan, memperluas daerah pemasaran, mengevaluasi kegiatan pemasarannya dan mempertahankan hubungan baik dengan konsumen dan pemasok sapi bakalan. Selain itu diharapkan pihak perusahaan untuk melakukan analisis lingkungan internal dan eksternal agar dapat mengantisipasi setiap perubahan yang terjadi disaat ini maupun dimasa mendatang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FPT/2007/187/050703344 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry |
Divisions: | Fakultas Peternakan > Peternakan |
Depositing User: | Unnamed user with email heriprayitno@ub.ac.id |
Date Deposited: | 09 Jan 2008 10:01 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 10:20 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/136167 |
Preview |
Text
050703344.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |