NanangFebrianto (2007) Strategi pemasaran sapi potong pada PT. Tunas Jaya Raya Abadi Nganjuk. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian dilaksanakan pada PT Tunas Jaya Raya Abadi di desa Babadan kecamatan pace kabupaten Nganjuk pada tanggal 9 Februari-9 Maret 2007. Tujuan penelitian adalah mengetahui kondisi lingkungan internal dan eksternal dari PT Tunas Jaya Raya Abadi, meliputi : kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman sebagai salah satu dasar strategi pemasaran dan menentukan strategi pemasaran berdasarkan kondisi lingkungan internal dan eksternal dari perusahaan. Kegunaan penelitian adalah sebagai bahan informasi dan bahan pertimbangan bagi PT Tunas Jaya Raya Abadi mengenai strategi pemasaran yang tepat untuk mengembangkan usahanya serta sebagai bahan informasi bagi konsumen PT Tunas Jaya Raya Abadi pada khususnya dan konsumen di luar perusahaan pada umumnya. Pemilihan lokasi PT Tunas Jaya Raya Abadi dilakukan dengan purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei, dimana teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis berdasarkan faktor kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities) dan ancaman (threats). Hasil penelitian menunjukkan dari hasil analisis yang telah dilakukan diatas, menunjukkan bahwa secara umum kondisi lingkungan yang ada di PT Tunas Jaya Raya Abadi adalah cukup baik hal ini berdasarkan pada matriks faktor strategi internal yang menunjukkan nilai positif (+), dimana nilai kekuatan/strengths lebih besar daripada kelemahannya/weakness (S = 2,29 > W = 0,71). sedangkan berdasarkan matriks faktor stategi eksternal juga menunjukkan nilai positif dimana nilai peluang/oppourtunity lebih besar daripada nilai ancaman/treaths (O = 1,84 > T = 0,70). Kesimpulan dari hasil penelitian adalah dari analisis lingkungan internal dan lingkungan eksternal pada PT Tunas Jaya Raya Abadi menunjukkan hasil baik dan memberi prospek yang bagus untuk kemajuan usaha tersebut, hal ini berdasarkan dengan total skor faktor kekuatan dan peluang (SO = 4,13). Penentuan strategi yang tepat adalah rapid strategy, yaitu strategi yang nilai faktor kekuatan lebih besar daripada peluang. Pada strategi ini semua peluang bisa ditangkap oleh perusahaan mengingat faktor kekuatan lebih besar daripada faktor peluang. Selain itu juga menerapkan stategi SO yaitu dengan meningkatkan pelayanan terhadap konsumen, membina dan menjaga hubungan baik dengan konsumen dan memanfaatkan modal untuk memperluas daerah pemasaran. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, disarankan bagi PT Tunas Jaya Raya Abadi untuk terus menerus melakukan pengembangan dan peningkatan terhadap kualitas sapi hasil penggemukan, memperluas daerah pemasaran, mengevaluasi kegiatan pemasarannya dan mempertahankan hubungan baik dengan konsumen dan pemasok sapi bakalan. Selain itu diharapkan pihak perusahaan untukmelakukan analisis lingkungan internal dan eksternal agar dapat mengantisipasi setiap perubahan yang terjadi disaat ini maupun dimasa mendatang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FPT/2007/050701321 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry |
Divisions: | Fakultas Peternakan > Peternakan |
Depositing User: | Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id |
Date Deposited: | 29 Jun 2007 00:00 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 08:39 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/136068 |
Preview |
Text
050701321.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |