Implementasi Low Power Pada Sistem Notifikasi Untuk Gamer Yang Bermain Intense Berbasis Embedded System

Putra, Irfan Pratomo (2018) Implementasi Low Power Pada Sistem Notifikasi Untuk Gamer Yang Bermain Intense Berbasis Embedded System. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dewasa ini game telah banyak diminati oleh setiap kalangan dari setiap generasi. Khususnya di Indonesia, jumlah pemain game sendiri telah mencapai angka 43.7 juta dan 26% di antaranya adalah gamer usia 21-35 tahun yang menghabiskan banyak waktu untuk bermain game daripada melakukan aktifitas lain. Jika mereka bermain terlalu lama ini akan berbahaya bagi kesehatan mereka terutama kesehatan mata mereka dan bisa menimbulkan kecacatan mata salah satunya adalah cacat rabun jauh. Tidak hanya mata, jika mereka bermain pada ruangan yang kurang pencahayaan, kepala akan terasa pusing. Dengan menggunakan sistem untuk memberikan notifikasi kepada gamer yang bermain secara tidak sehat, diharapkan mereka dapat bermain di tempat yang cukup pencahayaan, bermain dalam jarak yang aman dari monitor dan mencegah mereka bermain terlalu lama. Dikarenakan sistem ini akan bekerja dalam jangka waktu yang cukup lama, maka digunakanlah metode lowpower untuk mengurangi beban penggunaan sumber daya dari powerbank. Kinerja lowpower diperlukan agar sistem dapat bertahan lebih lama karena daya yang digunakan relatif rendah ketika sistem sedang tidak digunakan. Fitur dari lowpower itu sendiri salah satunya adalah sleep mode powerdown yang mematikan beberapa fungsionalitas ATmega328P. Pengujian arus yang dilakukan menghasilkan, bahwa arus yang digunakan pada sistem berjalan normal adalah 169,9 mA sedangkan ketika sistem dalam keadaan sleep hanya memiliki arus sebesar 3,8 mA. Selain itu terdapat pengujian waktu yang dibutuhkan sistem untuk wake dari keadaan sleep, waktu yang dibutuhkan sebesar 22,2 milisekon.

English Abstract

These days game already in demand by all over society and every generation. Especially in Indonesia, the amount of gamers already reach 43,7 million people with 26% of them is a gamer from 21-35 years old that spend all their time plaing game without do any other activities. If they play for too long this will endanger their helth especially their eye’s helth and can cause eye defect of the defect is nearsighted eye’s defect. Not only eyes, if they play in a room that don’t have enough light, it can cause headache. If they use this system that can give them notification about playing in unhealthy way, i hope they can play in a room that have enough lighting, playing in safe range from monitor, and doesn’t play for too long. Because this system will be use for a long time, then lowpower method will be used to reduce the usage of resource from powerbank. The lowpower performance is needed if the system want to hold for awhile longer because the power it use is relatively low if the system is not being use. The feature that lowpower has is sleep mode powerdown that turn off several functionality of ATmega328P. For current testing that already done proof that current that system use when the system function normally is 169,9 mA and for current that system use when the system in sleep mode is 3,8 mA. Beside that, there is a test for time the system take to wake from sleep, the time is 22,2 milisecond.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/381/051806220
Uncontrolled Keywords: Low power, sleep mode power down, notifikasi, game
Subjects: 700 The Arts > 794 Indoor games of skill > 794.8 Electronic games
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 13 Mar 2019 03:23
Last Modified: 18 Oct 2021 03:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13606
[thumbnail of Irfan Pratomo Putra.pdf]
Preview
Text
Irfan Pratomo Putra.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item