Efek Penggunaan Candida utilis Yang Di Kultur Dalam Limbah Cair Pabrik Tepung Tapioka Dalam Pakan Terhadap Mikroflora, Aktivitas Enzim, dan Kondisi Usus Ayam Pedaging

Backtiar, Ach and Dr. Ir. Osfar Sjofjan,, M.Sc and Prof. Dr. Koentjoko,, M.Sc.Agr (2006) Efek Penggunaan Candida utilis Yang Di Kultur Dalam Limbah Cair Pabrik Tepung Tapioka Dalam Pakan Terhadap Mikroflora, Aktivitas Enzim, dan Kondisi Usus Ayam Pedaging. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 13 Juni sampai dengan 24 Agustus 2006 di Laboratorium Lapang Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya, Sumber Sekar, Dau, Malang. Untuk mengetahui jumlah populasi mikroflora dilaksanakan di Laboratorium Mikrobiologi Jurusan Teknologi Hasil Ternak Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya. Uji aktivitas enzim saluran pencernaan dilaksanakan di Laboratorium Kimia Fakultas MIPA Universitas Brawijaya dan perhitungan jumlah dan panjang villi usus dilakukan di Laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efek penggunaan Candida utilis yang di kultur pada limbah cair pabrik tepung tapioka dalam pakan terhadap mikroflora, aktifitas enzim, dan kondisi usus ayam pedaging. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi ilmiah dan bahan pertimbangan terhadap penggunaan Candida utilis yang di kultur dalam limbah cair pabrik tepung tapioka dalam pakan terhadap mikroflora, aktifitas enzim, dan kondisi usus ayam pedaging. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah DOC ayam pedaging strain Loghmann sebanyak 100 ekor. Metode yang dipakai adalah percobaan dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan yang terdiri dari P0 = pakan kontrol; P1 = pakan kontrol + 0,05 % kultur khamir; P2 = pakan kontrol + 0,10 % kultur khamir; P3 = pakan kontrol + 0,15 % kultur khamir; P4 = pakan kontrol + 0,20 % kultur khamir. Setiap perlakuan diulang 4 kali untuk mengetahui perbedaan antar perlakuan dilakukan Uji Jarak Berganda Duncan’s. Hasil peneitian menunjukkan bahwa penggunaan kultur khamir Candida utilis dalam pakan menunjukkan pengaruh yang nyata (P<0,05) terhadap jumlah mikroflora khamir dan bakteri asam laktat. Memberikan. Perlakuan juga memberikan perbedaan yang nyata (P<0,05) terhadap panjang villi dan tidak memberikan perbedaan yang nyata (P>0,05) terhadap jumlah villi. Aktivitas enzim protease juga menunjukkan perbedaan yang nyata (P<0,05) namun tidak berpengaruh nyata terhadap aktivitas enzim amilase (P>0,05). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penambahan kultur khamir ( Candida utilis ) sebanyak 0,1 % dalam pakan dapat meningkatkan panjang villi dan aktivitas enzim protease usus halus ayam pedaging. Sedangkan penambahan kultur khamir sebanyak 0,2 % dalam pakan dapat meningkatkan mikroflora dalam usus halus ayam pedaging.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2006/203/050603319
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 13 Dec 2008 10:25
Last Modified: 31 Jan 2024 23:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/136039
[thumbnail of 050603319.pdf]
Preview
Text
050603319.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item