Pengaruh Waktu Penyapihan Anak Love Bird (Agapornis roseicollis) Terhadap Panjang Siklus Reproduksi Induk, Jumlah Produksi Telur Induk dan Mortalitas Anak

FahrudinGunawanAW (2006) Pengaruh Waktu Penyapihan Anak Love Bird (Agapornis roseicollis) Terhadap Panjang Siklus Reproduksi Induk, Jumlah Produksi Telur Induk dan Mortalitas Anak. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari 2006 sampai April 2006 di pembudidayaan burung "Permata Satwa Bird Farm" di jalan Papa Putih 22 Kecamatan Lowokwaru Malang. Materi penelitian yang digunakan adalah 34 pasang lovebird dengan umur 12-18 bulan yang sedang berproduksi dengan perlakuan pada anak lovebird yang disapih pada umur 28, 35, 42 dan 49 hari. Penelitian ini menggunakan metode percobaan dengan teknik pengambilan sampel dengan teknik purpose sampling yaitu pengambilan data berdasarkan kriteria tertentu yang ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh waktu penyapihan anak lovebird terhadap siklus reproduksi induk dan jumlah telur. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai pedoman menentukan waktu penyapihan anak lovebird terhadap siklus reproduksi induk dan jumlah telur. Hasil analisa ragam untuk pengaruh umur penyapihan anak terhadap panjang siklus reproduksi induk diperoleh bahwa umur penyapihan anak memberikan pengaruh yang sangat nyata terhadap panjang siklus reproduksi induk. Hasil analisa ragam untuk pengaruh penyapihan anak terhadap jumlah telur induk diperoleh hasil bahwa umur pemisahan tidak memberikan pengaruh yang nyata terhadap produksi telur induk pada periode berikutnya. Hasil analisa ragam untuk pengaruh umur penyapihan terhadap mortalitas anak bahwa umur pemisahan tidak memberikan pengaruh yang nyata terhadap mortalitas karena mortalitas dipengaruhi oleh penyakit, suhu kandang yang terlalu panas atau terlalu dingin, pakan yang kurang, kandang yang terlalu padat dan kemampuan induk dalam merawat anak yang rendah. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa umur penyapihan tidak meningkatkan produksi telur induk dan tidak menurunkan mortalitas anak, tetapi dapat memperpendek panjang siklus reproduksi induk dan untuk memperoleh siklus reproduksi yang pendek maka umur penyapihan yang paling baik adalah umur 28 hari. Dalam pemeliharaan lovebird, untuk mendapatkan siklus reproduksi yang pendek maka disarankan untuk melakukan penyapihan pada umur 28 hari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2006/180/050602846
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 04 Dec 2008 13:53
Last Modified: 20 Oct 2021 08:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/136017
[thumbnail of 050602846.pdf]
Preview
Text
050602846.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item