Strategi Pemasaran Susu Segar Pada Perusahaan Susu “Anugerah” Desa Ngadirejo Kecamatan Kota Kotamadya Kediri

AnasMalikFarhan (2006) Strategi Pemasaran Susu Segar Pada Perusahaan Susu “Anugerah” Desa Ngadirejo Kecamatan Kota Kotamadya Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada Perusahaan Susu "Anugerah" di desa Ngadirejo, kecamatan Kota kotamadya Kediri pada tanggal 19 April sampai 19 Mei 2006. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lingkungan internal dan eksternal Perusahaan Susu Anugerah, meliputi : kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman untuk ditentukan strategi pemasaran yang tepat sesuai dengan kondisi perusahaan tersebut. Penentuan lokasi Perusahaan Susu "Anugerah" dilakukan dengan purposive sampling , dengan mempertimbangkan bahwa perusahaan tersebut sedang berkembang sehingga menarik untuk diteliti Penelitian ini merupakan studi kasus terhadap Perusahaan Susu "Anugerah". Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah accidental sampling method . Sampel yang digunakan yaitu perusahaan dan 30 orang responden konsumen Perusahaan Susu "Anugerah". Pengambilan data dilakukan secara survey method dengan menggunakan kuisoner yang terstruktur. Data primer meliputi karakteristik responden Perusahaan Susu "Anugerah" diantaranya; yaitu wilayah pemasaran produk susu segar, dan saluran pemasaran yang digunakan, serta 30 orang responden konsumen perusahaan susu "Anugerah" berdasarkan karakteristiknya antara lain; umur, tingkat pendidikan, jenis pekerjaan, penghasilan per bulan, etnik, lama mengkonsumsi susu segar dan lama mengenal produk perusahaan susu "Anugerah", serta tingkat konsumsi susu segar. Data sekunder diperoleh dari perusahaan meliputi jumlah produksi susu, jumlah karyawan dan gaji dan pemberian pakan pada sapi perah per hari/ekor. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif analisis yang menggambarkan keadaan yang berhubungan dengan keadaan perusahaan susu "Anugerah" dengan menggunakan metode analisis SWOT ( Strength, Weakness, Opportunities and Threats ). Berdasarkan hasil analisis SWOT, dapat diketahui bahwa Kondisi lingkungan yang ada menunjukkan bahwa lingkungan internal lebih dominan dari pada lingkungan eksternal sehingga lingkungan internal lebih berpengaruh terhadap kehidupan Perusahaan Susu "Anugerah". Dari hasil penjumlahan faktor strategis internal dan eksternal yang dipadukan dalam matriks Internal Eksternal (IE), maka dapat dilihat posisi perusahaan ada pada sel 8, strategi yang diterapkan adalah growth strategy yaitu perusahaan berusaha mencapai pertumbuhan baik dalam penjualan, profit atau upaya diversifikasi. Tekanan strategi ini lebih pada perluasan pasar untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan, dalam kondisi ini perlu juga dilakukan diversifikasi atau pengembangan produk dan juga promosi Kesimpulannya yaitu bahwa strategi jangka pendek yang bisa digunakan yaitu meningkatkan penjualan kedaerah pemasaran. Selain itu diversifikasi produk juga perlu dilakukan agar produk mempunyai nilai guna yang semakin tinggi terhadap konsumen, sehingga dapat meningkatkan keuntungan dari penjualan, sedangkan strategi jangka panjang yang dilakukan yaitu promosi kedaerah pasarnya, supaya perusahaan tidak kehilangan pangsa pasar dan konsumen tidak berpaling ke produk lain. Disarankan kepada perusahaan sebaiknya merespon kegiatan perusahaan pesaing dengan meningkatkan promosi dan upaya diversifikasi produk supaya tidak kehilangan konsumen serta mengevaluasi kegiatan pemasarannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2006/154/050602820
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 01 Dec 2008 11:07
Last Modified: 20 Oct 2021 04:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/135997
[thumbnail of 050602820.pdf]
Preview
Text
050602820.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item