Pengaruh Ekstrak Kasar Sargassum Echinocarpum Dengan Pelarut Etanol-Asetat Terhadap Viabilitas Sel Hela

Enggarniti, NadiaAlfannie (2017) Pengaruh Ekstrak Kasar Sargassum Echinocarpum Dengan Pelarut Etanol-Asetat Terhadap Viabilitas Sel Hela. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bioaktif pada alga coklat berupa polifenol, tanin berpotensi sebagai antioksidan yang sangat baik. Senyawa ini juga dapat disajikan sebagai agen kemopreventif, dikarenakan kemampuannya dalam meredam radikal bebas. bioaktif pada alga coklat juga berfungsi sebagai antidiabet, antibakteri, antivirus, antikoagulan, dan antitumor. Aktifitas tanin sebagai antitumor yaitu dengan cara menghambat kinerja enzim, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ekstrak sargassum echincarpum terhadap viabilitas Sel-HeLa dari ekstrak Sargassum echinocarpum yang telah diKLT dan LC-MS dengan menggunakan 1 jenis pelarut yaitu etanol. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai Mei 2016, bertempat di Laboratorium Perekayasaan Hasil Perikanan, Laboratorium Keamanan Hasil Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Brawijaya dan Laboratorium Pusat Penelitian Kimia, LIPI (Lembaga Ilmu dan Pengkajian Ilmiah) Serpong, Laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan melakukan ekstraksi maserasi Sargassum Echinocarpum, uji Kromatografi lapis tipis dan LC-MS, serta uji viabilitas Sel HeLa.. Penelitian ini terdiri dari dua tahap yaitu penelitian pendahuluan dengan metode eksperimen meliputi proses pengeringan alga cokelat, ekstraksi, uji kadar air, uji fitokimia dan uji toksisitas, uji viabilitas Sel Hela. Pada penelitian utama dengan metode deskriptif meliputi uji senyawa flavonoid esktrak Sargassum Echinocarpum terhadap viabilitas sel Hela dan uji LC-MS. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Percobaan Lengkap (RAL) sederhana. Rancangan Acak Lengkap digunakan untuk suatu percobaan yang mempunyai media atau tempat percobaan yang seragam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasaannya ekstrak sargassum echinocarpum dengan pelarut etanol mampu meningkatkan angka kematian Sel HeLa dikarenakan adanya senyawa flavonoid yang terbukti aktif melalui uji LC-MS. Ekstrak kasar Sargassum echinocarpum berpengaruh nyata terhadap % viabilitas sel HeLa. Hasil % viabilitas tertinggi pada perlakuan e1b1 yaitu etanol 5 ppm dengan nilai sebesar 85,15% dan terendah pada perlakuan yaitu etanol 20 ppm dengan nilai sebesar 48,85%. Hasil % kematian sel heLa perlakuan kontrol etanol dosis 20 ppm mendapat notasi ef, dosis 10 ppm mendapat notasi bc dan dosis 5 ppm mendapatkan notasi ab artinya perlakuan ini berbeda nyata dengan perlakuan sebelumnya Hasil analisis terhadap LC-MS menunjukkan terdapatnya senyawa 3,7- Dimethoxy-3- hydroxyflavone yang merupakan kelompok flavonol, flavonol termasuk golongan senyawa flavonoid. Diharapkan untuk penelitian selanjutnya dilakukan dengan pengujian senyawa bioaktif yang berbeda sehinga didapatkan hasil senyawa pada Sargassum echinocarpum lebih akurat dan pada uji aktivitas antikanker pada sel HeLa didapatkan hasil lebih optimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2017/121/051702092
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.9 Other natural resources > 333.91 Water and lands adjoining bodies of water
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 10 Mar 2017 16:00
Last Modified: 20 Oct 2021 06:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/135732
[thumbnail of Nadia_Alfannie_E_115080300111022_Laporan_skripsi.pdf]
Preview
Text
Nadia_Alfannie_E_115080300111022_Laporan_skripsi.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Nadia_Alfannie_E_Artikel_PKL.pdf]
Preview
Text
Nadia_Alfannie_E_Artikel_PKL.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Nadia_Alfannie_E_PKL.pdf]
Preview
Text
Nadia_Alfannie_E_PKL.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Nadia_Alfannie_E_115080300111022_Artikel_Skripsi.pdf]
Preview
Text
Nadia_Alfannie_E_115080300111022_Artikel_Skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item