Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Ikan Hias Di Pasar Splendid, Malang, Jawa Timur

BelaSukmasari (2016) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Ikan Hias Di Pasar Splendid, Malang, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pasar Splendid merupakan pasar ikan hias yang terdapat dikota Malang yang berfungsi untuk menampung pedagang ikan hias di daerah Malang dan sekitarnya. Dengan terus berkembangnya spesies ikan hias yang diperdagangkan dipasaran sekarang ini menjadi keunggulan tersendiri bagi pada pedagang untuk mengoptimalkan produknya. Selain untuk mengoptimalkan produk pedagang juga harus memperhatikan perilaku konsumen yang menjadi salah satu faktor penting dalam pengembangan usaha ikan hias. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum pasar Splendid, karakteristik konsumen ikan hias di pasar Splendid, dan untuk menganalisis factor kebudayaan, sosial, pribadi, dan psikologi dalam mempengaruhi konsumen dalam membeli ikan hias. Populasi pada penelitian ini yaitu pengunjung pasar ikan Splendid dengan sampel sebanyak 60 pengunjung. Sumber data yaitu data primer dan data sekunderdengan metode pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, kuesioner kemudian dianalisis menggunakan uji asumsi klasik, uji statistik, dan analisis regresi linier berganda dengan variabel dependen (keputusan membeli) dan variabel independen (faktor kebudayaan, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologi). Hasil uji validitas menunjukkan bahwa seluruh pertanyaan pada kuesioner valid dan hasil uji reliabilitas menunjukkan bahwa variabel dalam kuesioner reliabel. Hasil asumsi klasik menunjukkan bahwa model regresi bebas dari semua asumsi dan layak digunakan. Hasil dari uji statistik, pada hasil uji F (simultan) didapatkan nilai Fhitung sebesar 8,736 dan nilai Ftabel sebesar 2,54 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai Fhitung (8,736) > Ftabel (2,54), hal ini menunjukkan adanya pengaruh secara simultan variabel bebas terhadap keputusan membeli. Hasil uji t (parsial) diketahui bahwa faktor yang paling berpengaruh secara nyata terhadap keputusan membeli ikan hias yaitu faktor sosial dan psikologi, sedangkan faktor kebudayaan dan pribadi berpengaruh terhadap keputusan membeli dengan nilai signifikansilebih dari 25%. Hasil koefisien determinasi didapatkan nilai adjusted R2 sebesar 34,4%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan variabel bebas (factor kebudayaan, sosial, pribadi, dan psikologi) dalam menjelaskan varians dari variabel terikat yaitu keputusan membeli sebesar 34,4%. Hasil analisis regresi berganda didapatkan persamaan Y = 5,671 + 0,129X1 + 0,307X2 + 0,153X3 + 0,188X4 + e Saran yang dapat diberikan yakni bagi pedagang ikan hias pasar Splendid yaitu perlu mempertahankan harga dan meningkatkan pelayanan yang mampu memberikan kepada konsumen. Bagi perguruan tinggi dan Mahasiswa daiharapkan dapat dijadikan bahan referensi untuk penelitian selanjutnya dengan menggunakan faktor-faktor yang belum diteliti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2016/652/051608205
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 08 Sep 2016 10:04
Last Modified: 20 Oct 2021 13:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/135395
[thumbnail of ARTIKEL.pdf]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item