Analisis Promosi Penjualan Dan Periklanan Dalam Pembelian Produk Biskuit (Studi Kasus Pada Produk Roma Malkist Di Kota Malang)

ArifatulIslamiyah (2016) Analisis Promosi Penjualan Dan Periklanan Dalam Pembelian Produk Biskuit (Studi Kasus Pada Produk Roma Malkist Di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Industri makanan dan minuman merupakan industri yang mengalami pertumbuhan dengan persaingan bisnis usaha semakin ketat. Peningkatan industri makanan dan minuman menyebabkan perusahaan harus membuat strategi agar industri makanan dan minuman yang dijalankan dapat bersaing dengan industri lain. Produk biskuit Roma Malkist merupakan produk industri makanan dan minuman yang harus mampu bersaing dengan perusahaan sejenis untuk meluaskan pangsa pasarnya. Perusahaan harus meningkatkan kinerjanya dalam memasarkan produknya dengan menciptakan strategi yang berguna menarik minat pembelian oleh konsumen. Elemen dalam bauran pemasaran yang berperan mendapatkan respon dari konsumen adalah elemen promosi. Elemen promosi yang digunakan oleh produk roma malkist yaitu promosi penjualan dan periklanan. Kedua elemen tersebut digunakan untuk menarik pembelian dan meningkatkan penjualan produk. Masalah dalam penelitian ini yaitu 1) bagaimana pengaruh promosi penjualan terhadap pembeliah produk, 2) bagaimana pengaruh periklanan terhadap pembelian produk, 3) pengaruh variabel promosi penjualan dan periklanan yang dominan dalam pembelian. Tujuan penelitian ini yaitu 1) menganalisis pengaruh promosi penjualan terhadap pembelian produk, 2) menganalisis pengaruh periklanan terhadap produk, 3) variabel promosi penjualan dan periklanan yang dominan dalam mempengaruhi pembelian produk. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Malang secara purposive di beberapa toko makanan ringan dan minimarket yang ada di Kota Malang pada bulan April 2016. Teknik penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode accidental sampling sebanyak 70 sampel responden. Metode yang digunakan yaitu analisis partial least square (PLS) untuk melihat pengaruh yang diberikan terhadap pembelian karena promosi penjualan dan periklanan. Adapun hasil penelitian yaitu promosi penjualan yang dilakukan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian karena pengaruh variabel hasil thitung0,613<1,29 sehingga thitung < ttabel Variabel promosi penjualan dipengaruhi oleh variabel indikator keinginan berbelanja, kecenderungan pembelian, kualitas produk, kemasan yang menarik perhatian, dan kejelasan informasi pesan. Periklanan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian produk karena nilai thitung variabel periklanan sebesar 2,371 > ttabel. sebesar 1,29. Variabel periklanan dipengaruhi oleh variabel indikator isi iklan, frekuensi iklan, efektivitas media, persepsi konsumen, minat konsumen dan kepercayaan konsumen terhadap produk. Promosi penjualan tidak berpengaruh dominan terhadap pembelian karena nilai thitung variabel promosi penjualan < thitung variabel periklanan. Berdasarkan pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa pengaruh promosi pejualan yang dilakukan berpengaruh positif, hal tersebut berarti peningkatan atau penurunan promosi penjualan mempengaruhi peningkatan atau penurunan terhadap pembelian produk biskuit. Periklanan berpengaruh positif terhadap pembelian produk biskuit, sehingga Peningkatan atau penurunan periklanan yang dilakukan mempengaruhi pembelian terhadap produk biskuit. Periklanan lebih dominan mempengaruhi terhadap pembelian karena nilai thitung > nilai thitung variabel promosi penjualan.

English Abstract

Food and beverage industry is an industry that is growing at a venture business competition is getting tougher. Increased food and beverage industry forced the company to create a strategy for food and beverage industry that is run can compete with other industries. Roma Malkist biscuit products are industrial products of food and beverage should be able to compete with similar companies to expand their market share. The company must improve its performance in marketing their products by creating a useful strategy to attract purchases by consumers. Elements of the marketing mix that plays to get a response from the consumer is a promotional element. Campaign elements used by roma malkist products namely sales promotion and advertising. Both of these elements are used to attract purchases and increase product sales. The problem in this research are 1) how to influence product sales promotions on our purchases, 2) how the influence of advertising on purchase of products, 3) the effect of variable sales promotion and advertising are dominant in the purchase. The purpose of this study are 1) to analyze the effect of sales promotions on product purchases, 2) analyze the effect of advertising on the product, 3) variable sales promotion and advertising are dominant in influencing the purchase of the product. This research was conducted in Malang purposively in some snack shop and a minimarket in the city of Malang in April 2016. The sampling technique in this research using accidental sampling method as many as 70 samples of respondents. The method used is the analysis of partial least square (PLS) to see the impact that the purchasing for sales promotion and advertising. The research results are promotion of sales made positive and significant impact on the purchase because of the influence the outcome variable thitung0,613 <1.29 so thitung <ttabel. Sales promotion variables influenced by the indicator variables desire to shop, purchase intent, product quality, packaging attracts attention, and clarity of the information message. Advertising products and significant positive effect on the purchase of products for advertising variable tcount of 2,371> t table. 1.29. Variable advertising influenced by the indicator variables ads content, frequency of ads, media effectiveness, consumer perceptions, interests of consumers and consumer confidence in the product. Sales promotion is not the dominant influence on the purchase because tcount sales promotion variables <thitung variable advertising. Based on the above presentation can be concluded that the influence of promotions conducted pejualan positive effect, this means an increase or decrease in sales promotions affect the increase or decrease in product purchase biscuits. Advertising a positive influence on the purchase of biscuit products, so that the increase or decrease in advertising that do affect purchases of products biscuits. Advertising more dominant against the purchase because tcount> tcount variable sales promotion.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2016/595/051609247
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 06 Oct 2016 11:19
Last Modified: 20 Oct 2021 12:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/135328
[thumbnail of 1._Pernyataan.pdf]
Preview
Text
1._Pernyataan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3._BAB_1.pdf]
Preview
Text
3._BAB_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2._KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
2._KATA_PENGANTAR.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 4._BAB_2.pdf]
Preview
Text
4._BAB_2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5._BAB_3.1.pdf]
Preview
Text
5._BAB_3.1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6._BAB_3.2.pdf]
Preview
Text
6._BAB_3.2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7._BAB_4.pdf]
Preview
Text
7._BAB_4.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8._BAB_5.pdf]
Preview
Text
8._BAB_5.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 11._LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
11._LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 9._BAB_6.pdf]
Preview
Text
9._BAB_6.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item