Implementasi Algoritme Shazam Untuk Mengidentifikasi Hadis Dan Surah Dalam Al-Quran Menggunakan Suara

El Hayat, Bahruddin (2018) Implementasi Algoritme Shazam Untuk Mengidentifikasi Hadis Dan Surah Dalam Al-Quran Menggunakan Suara. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bagi umat muslim mengerti akan Al-Qur’an dan hadis adalah suatu kewajiban karena kedua hal tersebut merupakan dasar ajaran Islam. Dalam proses memahami biasanya akan diawali dengan menghafalkan lafal beserta nama surah atau judul dari hadis. Kemudian setelah menghafal lafal dengan lancar barulah akan dilanjutkan ke arti dan kandungan. Akan tetapi ketika pada tahap menghafal lafal ini yang menjadi masalah utama adalah lupa. Ketika mendengar bacaan salah satu surah atau hadis seseorang tidak mampu mengingat bacaan tersebut merupakan surah atau hadis apa. Oleh karena itu diperlukannya sebuah solusi yang mampu menangani masalah tersebut. Pada penelitian ini peneliti mengusulkan sebuah sistem yang mampu mengidentifikasi hadis dan surah dalam Al-Qur’an dengan masukan berupa file suara menggunakan algoritme shazam. Dengan masukan berupa file suara dengan ekstensi WAV identifikasi dilakukan dengan langkah-langkah berikut, yaitu: ekstraksi nilai numerik, konversi, ekstraksi fitur, filtering, dan pencocokan. Hasil yang diperoleh berupa nama beserta informasi mengenai surah atau hadis dari file suara yang menjadi masukan. Hasil akurasi terbaik yang didapatkan pada identifikasi hadis dan surah dalam Al-Qur’an ini mencapai 82% pada pengujian menggunakan data uji berdurasi 15 detik, chunk size = 4096 dan range = 60.

English Abstract

For muslims, understanding Al-Qur’an and Hadis are an obligation because those two is the basic of Islam. In the learning process, a person usually will begin by memorizing the pronounciation and the surah’s or hadis’s name. After the person can pronounce the surah or hadis fluently, then they will continue to understand the meaning and the content of the surah or hadis. The problem is sometimes a person can forget the name of surah or hadis when another person says a verse from the surah or hadis. So, a solution is needed to handle the problem. In this research, the writer offers a solution to build a system that can identify the name of surah or hadis in Al-Qur’an by taking an input in the form of a sound file with WAV extension using Shazam algorithm. The identification process is done by doing these following actions: numeric value extraction, conversion, feature extraction, filtering and matching. The result is the name and information of the surah or hadis. The best accuracy from identifying surah and hadis from Al-Qur’an is 82% in the testing phase using a test data with 15 second duration, chunk size=4096 and range=60.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/96/051801018
Uncontrolled Keywords: Al-Qur’an, Hadis, Identifikasi, Suara, Shazam. Al-Qur’an, Hadis, identification, Sound, Shazam.
Subjects: 200 Religion > 297 Islam, Babism, Bahai Faith
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 04 Mar 2019 01:41
Last Modified: 16 Oct 2021 03:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13517
[thumbnail of Bahruddin El Hayat.pdf]
Preview
Text
Bahruddin El Hayat.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item