Oktivianet, Ninscha Adisti (2018) Analisis Kualitas Layanan Situs Kiostix.Com Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kiostix.com merupakan salah satu e-Commerce yang menyediakan pelayanan kepada pengguna dengan cara memberikan informasi dan melakukan transaksi jual beli tiket event yang sedang berlangsung di Indonesia maupun sekitar. Beberapa waktu lalu, tepatnya akhir tahun 2016 kiostix.com mendapati sebuah masalah dalam hal pelayanan yang diberikan pada situs tersebut. Hal tersebut yang dibahas dalam penelitian ini dengan tujuan dapat mengetahui kualitas website milik kiostix.com yang kemudian akan dihubungkan dengan kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan bantuan metode webqual 4.0 yang memiliki 3 dimensi pengukur kualitas website yaitu usability, information quality, dan service interaction quality dimana akan dihubungkan kepada variabel customer satisfaction. Penelitian menggunakan metode penyebaran kuesioner untuk mendapatkan data dari responden, responden dalam kuesioner ini adalah pengguna kiostix.com yang pernah melakukan transasksi pada situs, jumlah data responden yang diuji sebanyak 62. Pengujian dilakukan dengan analisis regresi linear berganda. Hasil yang didapatkan yaitu hanya dua variabel yang memiliki hubungan yang siginifikan dengan kepuasan pelanggan kiostix.com yaitu variabel usability dan service interaction quality, namun variabel service interaction memberikan nilai negatif terhadap kepuasan pelanggan. Jika diuji secara keseluruhan, ketiga variabel tersebut memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan kiostix.com.
English Abstract
Kiostix.com is one of many e-Commerce that served service to customer with giving an information and do any transaction for selling and buying event ticket that ongoing in Indonesia surrounding areas. A few months ago, in the end of 2016 precisely kiostix.com had a problem with their capability of giving a service to customer with their website. That problem is our discussion in this research with goals to discover the website quality of kiostix.com which will be connected to customer satisfaction. This research use webqual 4.0 as a methodology that has three variables to measuring website quality, which is usability, information quality, and service interaction quality. This research use questionnaire to gather all of data that from respondents, the respondents in this research is the person who had used kiostix.com to do any transaction, the total data is 62 respondents. This research had been test with multiple linear regression. The result is there are only two variables that had a significant relation toward customer satisfaction, usability and service interaction quality, but service interaction variable itself had given a negative effect for customer satisfaction grade. Therefore, all of those variable had given an impact for customer satisfaction if it all gather.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTIK/2018/90/051801012 |
Uncontrolled Keywords: | e-Commerce, Kiostix.com, Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan, Webqual 4.0, Regresi Linear e-Commerce, Kiostix.com, Service Quality, Customer Satisfaction, Webqual 4.0, Linear Regression |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 28 Feb 2019 02:28 |
Last Modified: | 16 Oct 2021 03:00 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13506 |
Preview |
Text
Ninscha Adisti Oktivianet.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |