Penerapan Algoritme Logika Fuzzy Untuk Dynamic Difficulty Scaling Pada Game Labirin

Ahmadi, Ilham Akbar (2018) Penerapan Algoritme Logika Fuzzy Untuk Dynamic Difficulty Scaling Pada Game Labirin. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Mayoritas pemain baru dalam sebuah game cenderung asal dalam memilih level. Hal ini menyebabkan terjadinya imbalance pada permainan, yang membuat game menjadi terlalu mudah atau bahkan terlalu susah. Untuk mengetahui tingkat kemampuan dan level, maka diperlukan suatu input dari pemain sebagai parameter yang digunakan untuk proses menentukan tingkat kesulitan pada game. Dalam menangani masalah tersebut, maka dalam penelitian ini akan dilakukan penerapan implementasi dengan metode fuzzy dalam membuat Dynamic Difficulty Scaling untuk memberikan balance level dalam game labirin. Metode pengujian yang dipakai meliputi pengujian validasi behavior dan performa dari permainan. Pengujian validasi behavior dilakukan dengan cara mencari 5 orang relawan dalam menguji permainan untuk melihat hasil keluaran next level labirin yang muncul serta menganalisis hasil dari balance level yang terjadi. Hasil dari analisis yang dilakukan yaitu metode fuzzy ini berhasil untuk menyetarakan softskill yang dimiliki pemain dengan level yang dimainkan. Sedangkan pengujian performa dilakukan dengan cara menguji besarnya frames per second (fps) yang dihasilkan selama permainan. Hasil menunjukkan bahwa performa terbaik terdapat pada map dengan ukuran 5x5 sebesar 107,22 FPS, serta performa terburuk terjadi pada labirin dengan ukuran 50x50 yang memiliki 87,65 FPS. Dari hasil pengujian performa tersebut dapat diketahui bahwa permainan ini layak untuk dimainkan mengingat batas minimum kelayakan FPS untuk permainan dikategorikan layak untuk dimainkan adalah 30 FPS.

English Abstract

A majority of new players in a game tend to pick levels at random. This causes an imbalance in the game, which makes the game too easy or too hard. To find out their abilities and levels, input is required from players as a parameter used in the process of determining the difficulty level of a game. In order to address this issue, in this research an implementation of the fuzzy method was utilized for Dynamic Difficulty Scaling to provide a level balance in a labyrinth game. The utilized testing methods were testing of behavior validation and gameplay performance. Behavior validation testing was conducted by requesting 5 volunteers to test the game to see the next level labyrinth output and to analyze the level balance that occurred. The analysis results show that the fuzzy method succeeded in equalizing the soft skills possessed by the players with the level being played. Meanwhile, performance testing was conducted by calculating the number of frames per second (FPS) that are outputted during gameplay. The results show that the best performance was obtained for a map of 5x5 size at 107.22 FPS, while the worst performance was for a labyrinth of 50x50 size at 87.65 FPS. From the results of this performance testing, it can be concluded that the game can be reasonably played, considering that the lower limit for the FPS of a game that can be reasonably played is 30 FPS.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/87/051801009
Uncontrolled Keywords: fuzzy, labirin, dynamic difficulty scaling
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 511 General principles of mathematics > 511.3 Mathematical logic (Symbolic logic) > 511.31 Nonclassical logic > 511.313 Fuzzy logic
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Mar 2019 08:24
Last Modified: 16 Oct 2021 02:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13502
[thumbnail of Ilham Akbar Ahmadi.pdf]
Preview
Text
Ilham Akbar Ahmadi.pdf

Download (23MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item