Kandungan Gizi Dari Omega 3 Ikan Bandeng (Chanos Chanos) Dan Ikan Belanak (Mugil Cephalus)

DeaRahmaKurniaR (2016) Kandungan Gizi Dari Omega 3 Ikan Bandeng (Chanos Chanos) Dan Ikan Belanak (Mugil Cephalus). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Manusia telah memanfaatkan ikan sebagai bahan pangan sejak beberapa abad yang lalu Ikan mengandung protein,lemak, vitamin, mineral yang sangat baik dan prospektif. Lemak yang terkandung dalam ikan umumnya adalah asam lemak tak jenuh yang diantaranya dikenal dengan Omega 3. Asam – asam lemak alami yang termasuk asam lemak Omega 3 adalah asam linoleate (C18:3 ω-3), asam eikosaepentanoat atau EPA (C20:5 ω-3), asam dokosaheksaetaenoat atau DHA (C22:6 ω-3), adapun yang lebih dominan dalam minyak ikan adalah DHA dan EPA. Ikan bandeng merupakan salah satu jenis ikan yang banyak dikenal dan digemari untuk dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Hal ini disebabkan ikan bandeng mempunyai rasa daging yang enak dan harga yang terjangkau begitupun juga dengan ikan belanak, ikan air laut ini juga memiliki rasa yang enak dan harga terjangkau. Mengingat besarnya peranan gizi bagi kesehatan, ikan merupakan peranan tepat untuk diet dimasa akan datang. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kandungan omega 3 pada ikan bandeng dan ikan belanak, dan kandungan protein, lemak air dan abu. Omega 3 adalah asam lemak tidak jenuh ganda yang mempunyai ikatan rangkap banyak, ikatan rangkap pertama terletak pada atom karbon ketiga dari gugus metal omega, ikatan rangkap berikutnya terletak pada nomor atom karbon ketiga dari ikatan rangkap. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi tentang kandungan gizi dalam ikan dan beberapa manfaat dari omega 3. Penelitian ini dilakukan di laboratorium PT. Sinarmas Tbk. Surabaya dan di laboratorium instrumentasi Politeknik Negeri Malang (POLINEMA) serta di laboratorium Pengujian Mutu dan Keamanan Pangan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya, Malang penelitian ini dilakukan pada bulan November – Januari 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah adalah metode deskriptif. Penelitian deskriptif di antaranya adalah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih (independen) tanpa membuat perbandingan, atau menghubungkan antara variabel satu dengan variable yang lain. Selain itu penelitian deskriptif adalah penelitian yang dimaksudkan untuk menyelidiki keadaan, kondisi atau hal-hal lain (keadaan, kondisi, situasi, peristiwa, kegiatan), yang hasilnya dipaparkan dalam bentuk laporan penelitian. Dalam kegiatan penelitian ini peneliti hanya memotret apa yang terjadi pada diri objek atau wilayah yang diteliti, kemudian memaparkan apa yang terjadi dalam bentuk laporan penelitian secara lugas, seperti apa adanya”. Hasil dari penelitian ini kandungan omega-3 pada ikan bandeng lebih besar daripada ikan belanak. Dengan EPA ikan bandeng sebesar 0,02% dan DHA sebesar 0,14% sedangkan EPA ikan belanak 0,01% dan DHA sebesar 0,06%. Sedangkan hasil dari analisis proksimat ikan bandeng yaitu protein 18,23%; lemak 3,37%; air 73,44%; abu 1,19% dan karbohidrat 3,37%. Hasil proksimat ikan belanak yaitu protein 17,45%; lemak 0,13%; air 77,9%; abu 1,05% dan karbohidrat 3,47%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2016/197/051605365
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.9 Other natural resources > 333.91 Water and lands adjoining bodies of water
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 10 Aug 2016 14:03
Last Modified: 20 Oct 2021 00:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134869
[thumbnail of bab_1.pdf]
Preview
Text
bab_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab_2.pdf]
Preview
Text
bab_2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab_3.pdf]
Preview
Text
bab_3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab_4.pdf]
Preview
Text
bab_4.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of bab_5.pdf]
Preview
Text
bab_5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI_-_Copy.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI_-_Copy.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA_-_Copy.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA_-_Copy.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item