Analisa Tingkat Sensitivitas Lingkungan Pesisir Pulau Mandangin terhadap Potensi Tumpahan Minyak (Oil Spill)

Romansya, FickyAditya (2016) Analisa Tingkat Sensitivitas Lingkungan Pesisir Pulau Mandangin terhadap Potensi Tumpahan Minyak (Oil Spill). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pulau Mandangin adalah Pulau yang terdapat di Kabupaten Sampang Madura, Jawa Timur. Pulau yang terletak di perairan selat madura ini dinilai memiliki sumber daya pesisir yang sangat beragam dilihat dari sumber daya hayati pesisir maupun sumber daya pemanfaatannya. Pulau Madura dan Selat Madura memiliki potensi sumber daya minyak dan gas sehingga membuat banyak perusahaan Migas yang mengeksplorasi dan mengeksploitasi sumber minyak dan gas di Perairan Selat Madura. Karena adanya eksplorasi dan eksploitasi Minyak dan gas diperairan ini sehingga membuat Pulau Mandangin terkena potensi tumpahan minyak. Metode penelitian ini yaitu dengan memanfaatkan metode Sistem Informasi Geografi (SIG) dengan menggunakan panduan dari IPIECA. Metode ini mengumpulkan informasi dari 3 kategori sehingga dapat menyusun dan menganalisis tingkat sensitifitas lingkungan atau ESI (environmental sensitivity index). 3 kategori yang dimaksud adalah 1. Klasifikasi Tipe garis Pantai, 2. Biological Resources (sumber daya hayati) dan 3. Human-use Resources (sumber daya pemanfaatan oleh manusia). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan tingkat kepekaan lingkungan pesisir di wilayah Pulau Mandangin dan menganalisis objek-objek yang akan terkena dampak potensi tumpahan minyak dengan memanfaatkan Sistem Informasi Geografis (SIG) untuk dapat menyusun tingkat sensitifitas lingkungan pesisir Pulau Mandangin terhadap potensi tumpahan minyak. Hasil tingkat sensitivitas lingkungan di pesisir di wilayah Pulau Mandangin pada bagian timur dan selatan memiliki tingkat sensitifitas yang lebih tinggi dari pada Pulau Mandangin bagian barat dan utara. Hal ini dikarenakan pada bagian timur dan selatan memiliki sumber daya hayati dan sumber daya pemanfaatan yang lebih banyak, dan dikarenakan pada bagian barat dan selatan Pulau Mandangin tidak memiliki bangunan pelindung pantai seperti pada bagian timur dan utara. Dengan demikian Pulau Mandangin bagian Timur dan Selatan merupakan wilayah prioritas dalam upaya penanggulangan dan penanganan tumpahan minyak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2016/169/051604740
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 20 Jun 2016 10:33
Last Modified: 20 Oct 2021 00:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134838
[thumbnail of Laporan_Skripsi.pdf]
Preview
Text
Laporan_Skripsi.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item