Perlindungan Hukum Bagi Produsen Atas Tindakan Wanprestasi Distributor Dalam Perjanjian (Studi Di Cv.Linggar Sentosa Kabupaten Gresik)

Listiono, Nanang (2018) Perlindungan Hukum Bagi Produsen Atas Tindakan Wanprestasi Distributor Dalam Perjanjian (Studi Di Cv.Linggar Sentosa Kabupaten Gresik). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Menurut perjanjian .nomor 02/SPK-CV.LS/05/15 telah diketahui bahwa CV Linggar Sentosa berperan sebagai pihak produsen dan Unyil Coffe berperan sebagai distributor. kedua pihak tersebut mengadakan suatu perjanjian kerjasama dimana para pihak melakukan kerjasama yakni CV. Linggar Sentosa yang berperan sebagai pihak produsen mengolah kopi bubuk Merck CR.1. yang akan dipasarkan atau dijual dalam kerjasama dengan Unyil Coffe. Dengan wiring berjalannya waktu pihak kedua diketahui oleh pihak pertama melakukan kecurangan didalam penyajian resep kopinya dimana diketahui pihak kedua mengubah takaran dari komposisi kopi merek CR.1. CV. Linggar Sentosa sebagai pihak produsen memiliki hak-hak yang dibenarkan. oleh undang-undang. Namun secara hukum pengaturan khusus mengenai perlindungan hukum bagi produsen terhadap distributor yang melakukan wanprestasi belum ada, hanya ada ketentuan secara umum yang terdapat dalam pasal 1234 KUHPerdata yang menj adi dasar pemen.uhan atas kerugian pihak produsen Pada berdasarkan latar belakang tersebut maka permasalahan yang ada di CV. Linggar Sentosa yaitu ketika hukum pengaturan khusus mengermi perlindungan hukum bagi produsen terhadap distributor yang melakukan wanprestasi belum ada, hanya ada ketentuan secara UMUM yang terdapat claim pasal 1234 KUHPerdata yang menjadi dasar pemenuhan atas kerugian pihak produsenserta adanya bebrapa hambatan dant upaya dalam proses pelaksanaan perlindungan hukum bagi produsen. Untuk menjawab permasalahan diatas penelitian hukum empiris ini menggunakan pendekatan yuridis sosiologis. Jenis data yang diperoleh melalui wawancara yang telah dilakukan di CV. Linggar Sentosa dengan menggunakan metode sampiing Purposive. Data yang telah diperoleh seinjutnya akan dianalisis dan dibuat dalam bentuk tabel. Berdasarkan hal tersebut disimpulkan sebagai berikut Penanganan debitur wanprestasi pada perlindungan hukum bagi produsen terhadap distributor yang melakukan wanprestasi dibagi menjadi beberapa cara yakni dengan cara litigasi dan non litigasi Serta hambatan dan upaya dengan cara represif dan preventif

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2018/404/051810898
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 346 Private law > 346.07 Commercial law > 346.077 Debtor and creditor
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 19 Feb 2019 01:23
Last Modified: 23 Oct 2021 07:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13477
[thumbnail of Nanang Listiono.pdf]
Preview
Text
Nanang Listiono.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item