Pengamanan Data Pada Media Penyimpanan Cloud Menggunakan Teknik Enkripsi Dan Secret Sharing

Fachry, Mohammad (2018) Pengamanan Data Pada Media Penyimpanan Cloud Menggunakan Teknik Enkripsi Dan Secret Sharing. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Cloud computing adalah teknologi yang biasa digunakan untuk melakukan penyimpanan data secara online. Dengan hanya terhubung melalui internet, menyimpan maupun mengakses data akan lebih mudah dilakukan. Akan tetapi, teknologi ini juga menimbulkan masalah dalam hal keamanan. Kriptografi adalah bidang ilmu yang mempelajari bagaimana sebuah data dapat diamankan. Untuk itu, penerapan ilmu kriptografi sudah tidak asing lagi dalam sistem berbasis cloud computing. Algoritme-algoritme baru serta kombinasi algoritme-algoritme kriptografi terus dikembangkan untuk menjamin aspek-aspek keamanan seperti confidentiality, integrity dan availability. Pada penelitian ini, sebuah sistem dibangun dengan menerapkan 2 metode kriptografi yaitu enkripsi dan secret sharing untuk mengamankan data. Metode enkripsi yang diterapkan adalah algoritme Grain dan AES sedangkan metode secret sharing yang diterapkan adalah Shamir’s Secret Sharing. Data yang diamankan akan disimpan dalam 2 media penyimpanan yang berbeda yaitu cloud storage dan memori internal laptop. Berdasarkan pengujian yang dilakukan dapat diketahui bahwa sistem yang dibangun mampu menjalankan fungsifungsi keamanan dengan baik.

English Abstract

Cloud computing is a technology that used to store data online. With only internet connection, store and access data can be an easy task. However, cloud computing technology also cause some security problems. Cryptography is a study of how data can be secured. Therefore, applying cryptography in cloud computing environment is not a new thing. New algorithms and combination between them is expanded and studied to ensure security aspects such as confidentiality, integrity and availability. In this research, a system is built with applying 2 methods of cryptography, encryption and secret sharing to ensure data. Data that is ensured will be store at 2 different type of media storage namely cloud storage and laptop’s internal storage. The test shows all the security functions work well.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/341/051805122
Uncontrolled Keywords: kriptografi, cloud computing, enkripsi, secret sharing cryptography, cloud computing, encryption, secret sharing
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.8 Data security > 005.82 Data encryption
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 15 Feb 2019 07:05
Last Modified: 30 Nov 2021 03:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13469
[thumbnail of Mohammad Fachry.pdf]
Preview
Text
Mohammad Fachry.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item