Strategi Pengembangan Pelabuhan Perikanan Pantai Pondokdadap, Malang, Jawa Timur

Habiburrohman (2015) Strategi Pengembangan Pelabuhan Perikanan Pantai Pondokdadap, Malang, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Pondokdadap, Malang memiliki potensi untuk dikembangkan. PPP Pondokdadap merupakan tempat yang strategis sebagai tempat bertambat dan berlabuhnya kapal. Selain itu potensi sumberdaya perikanan yang ada di Samudera Hindia menjadi sorotan para nelayan sebagai tempat menangkap ikan yang kemudian hasil tangkapan tersebut didaratkan di Tempat Pelalangan Ikan (TPI) yang berada PPP Pondokdadap, Malang. Adanya pengembangan pelabuhan perikanan diharapkan akan memberikan manfaat dan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat yang akan berimplikasi pada pengelolaan sumberdaya yang berkelanjutan, sehingga pada akhirnya tujuan dari pembangunan Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) di Pondokdadap, Malang bisa tercapai untuk kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini dilaksanakan di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Pondokdadap, Malang, Jawa Timur pada bulan Juli 2015. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui isu dan permasalahan yang ada di PPP Pondokdadap, Malang, Jawa Timur sekaligus menentukan strategi dalam pengembangan PPP Pondokdadap, Malang, Jawa Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan data primer dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan menyebar kuisioner dan menggunakan data sekunder. Analisis yang digunakan yaitu analisis SWOT dan QSPM. Isu dan permasalahan yang ada di Pondokdadap yaitu pengembangan TPI belum berorientasi program sentra usaha higienes, belum tertatanya tempat keranjang pengangkut ikan, belum adanya tempat pelelangan khusus ikan Tuna yang bersih dan sekat, adanya orang–orang yang tidak berkepentingan di TPI sehingga mengganggu jalannya pelelangan, kolam labuh masih ada yang dangkal sehingga membahayakan kapal nelayan yang memasuki kolam labuh dan masih banyak kapal – kapal nelayan yang tidak memiliki surat – surat kapal perikanan yang telah ditentukan oleh pemerintah. vi Pemanfaatan lahan untuk pembangunan dan pengembangan sarana dan fasilitas PPP Pondokdadap, sehingga mempermudah ekspor dalam perdagangan internasional karena permintaan pasar yang tinggi, peningkatan keahlian SDM nelayan dalam pengunaan kapal modern dan teknologi penangkapan ikan, letak PPP Pondokdadap yang strategis harus diimbangi peningkatan SDM dalam mengelola sumberdaya ikan berkelanjutan sehingga dapat menarik investor asing dalam upaya pengembangan pelabuhan, mewujudkan rencana pemerintah untuk mengembangkan PPP menjadi PPN dan perlunya pembangunan akses jalan menuju pelabuhan untuk kelancaran distribusi hasil perikanan keluar daerah, karena sumberdaya perikanan yang melimpah dan letak pelabuhan yang strategis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2015/774/051600467
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 01 Feb 2016 16:23
Last Modified: 20 Oct 2021 15:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134664
[thumbnail of BAB_5.pdf]
Preview
Text
BAB_5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lembar_pengesahan,_daftar_isi,_dll.pdf]
Preview
Text
Lembar_pengesahan,_daftar_isi,_dll.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_1.pdf]
Preview
Text
BAB_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_2.pdf]
Preview
Text
BAB_2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_3.pdf]
Preview
Text
BAB_3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_4.pdf]
Preview
Text
BAB_4.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item