Pendugaan Status Trofik dan Mutu Air di Perairan Waduk Kedurus Kota Surabaya Jawa Timur

Wijayanti, DeviDwi (2015) Pendugaan Status Trofik dan Mutu Air di Perairan Waduk Kedurus Kota Surabaya Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Waduk merupakan perairan berhenti atau menggenang yang terjadi karena dibuat oleh manusia dengan cara membendung sungai. Waduk dapat dijadikan daerah pengembangan perikanan yang sangat produktif. Di Kota Surabaya terdapat salah satu waduk yang terletak di Surabaya Barat yaitu Waduk Kedurus. Aktivitas baik dari perikanan maupun pariwisata dapat menyebabkan perubahan kondisi fisika, kimia dan biologi perairan. Perubahan tersebut akan mempengaruhi status trofik dan mutu air di waduk Kedurus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menduga status trofik dan mutu air di perairan waduk keduru kota Surabaya, Jawa Timur. Metode yang digunakan yaitu metode survey, yaitu penelitian yang bermaksud untuk mewawancarai pihak pengelola mengenai keadaan yang terjadi lokasi penelitian. Penelitian ini dilakukan di waduk kedurus Kota Surabaya, Jawa Timur pada bulan juni 2015. Pengambilan sampel dilakukan pada 3 stasiun (inlet, tengah dan outlet) sebanyak 3 kali pengambilan dengan selang waktu 7 hari sekali. Kualitas air diukur meliputi parameter fisika (suhu dan kecerahan) dan parameter kimia (pH, DO, CO2, Nitrat, Fosfat) serta parameter biologi yaitu pengamatan fitoplankton untuk mengetahui status trofik, perhitungan mutu air dengan metode storet. Hasil analisis kualitas air sebagai berikut: suhu berkisar antara 26 - 32oC, kecerahan berkisar antara 28,5 - 33 cm, pH berkisar antara 8-8,5, DO berkisar antara 9,06 - 9,87 mg/l, CO2 berkisar antara 0,39 - 1,99 mg/l, nitrat berkisar antara 0,722 - 1,258 mg/l, dan fosfat berkisar antara 0,01 - 0,1 mg/l. Berdasarkan pengamatan fitoplankton, kelimpahan fitoplankton berkisar antara 146.802-379.238,5 ind/l maka, perairan waduk termasuk dalam kategori perairan eutrofik. Hasil perhitungan mutu air dengan metode storet, perairan waduk kedurus termasuk dalam kategori tercemar sedang. Kesimpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan adalah Waduk Kedurus termasuk perairan eutrofik dan mutu airnya tercemar ringan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan disarankan supaya ada perhatian khusus dari pemerintah terhadap kondisi waduk. Dibutuhkan juga koordinasi, pengawasan dan pengaturan dari pihak pengelola Waduk Kedurus terhadap aktivitas perikanan dan pariwisata supaya mengurangi pencemaran lingkungan agar tidak berdampak pada kondisi fisika, kimia dan biologi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2015/760/051600453
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.9 Other natural resources > 333.91 Water and lands adjoining bodies of water
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 01 Feb 2016 10:28
Last Modified: 20 Oct 2021 15:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134649
[thumbnail of laporan_skripsi.pdf]
Preview
Text
laporan_skripsi.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item