Pola Konsumsi Ikan Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Kampus IV

Sari, SepsianaDwi (2015) Pola Konsumsi Ikan Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Kampus IV. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ikan wader pari (Rasbora argyrotaenia) merupakan ikan air tawar yang memiliki permintaan pasar sangat tinggi, namun yang menjadi kendala saat ini yaitu ketersediaan dipasaran sulit dipastikan dan harganya tidak stabil karena ikan wader pari masih didapat dari alam, oleh sebab itu perlu dilakukan budidaya. Ruang lingkup kegiatan budidaya ikan mencakup pengendalian pertumbuhan dan pengembangbiakan. Usaha pembesaran ikan termasuk dalam pengendalian pertumbuhan. Budidaya ikan bertujuan untuk memperoleh hasil yang lebih tinggi atau lebih banyak dan lebih baik daripada bila ikan tersebut dibiarkan hidup secara alami sepenuhnya. Pada budidaya padat penebaran berpengaruh terhadap pertumbuhan sehingga perlu dilakukan penelitian tentang bagaimana pengaruh padat penebaran yang berbeda terhadap laju pertumbuhan benih ikan wader pari (Rasbora argyrotaenia) di kolam air mengalir. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan Juli 2015 di UPT PBAT Umbulan, Pasuruan. Benih berasal dari UPT PBAT Umbulan dengan ukuran 1-2 cm dipelihara pada hapa ukuran 2 x 1 x 0,5 m2. Perlakuan yang diberikan yaitu menggunakan padat tebar (A) 140 ekor/m2, (B) 240 ekor/m2, (C) 340 ekor/m2 dengan 3 kali ulangan. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL). Analisis data dilakukan dengan analisis keragaman atau uji F. Apabila nilai F berbeda nyata atau berbeda sangat nyata maka untuk membandingkan nilai antar perlakuan dilanjutkan dengan uji BNT (Beda Nyata Terkecil). Pakan yang digunakan yaitu pelet PF 800. Ikan dipelihara selama 42 hari dan setiap 7 hari sekali dilakukan pengukuran panjang total dan bobot tubuh ikan. Pengukuran fisika, kimia air meliputi : pH, DO dan Suhu. Benih ikan Wader Pari yang dipelihara dengan kepadatan 140 ekor/m2 memberikan nilai pertumbuhan mutlak tertinggi yaitu dengan rata-rata sebesar 0,46 gram dan terendah pada kepadatan 340 ekor/m2 yaitu dengan rata-rata sebesar 0,20 gram. Sedangkan pada laju pertumbuhan harian dan pertumbuhan panjang dengan kepadatan 140 ekor/m2 juga memberikan nilai rata-rata tertinggi yaitu 4,04 % dan 1,7 cm dan terendah pada kepadan 340 ekor/m2 yaitu 2,58 % dan 1,31 cm. Parameter kualitas air seperti pH, DO dan suhu yang diukur selama masa pemeliharaan berada pada kisaran normal, sehingga tidak memberikan pengaruh yang nyata bagi pertumbuhan benih ikan Wader Pari. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perbedaan padat tebar mempengaruhi pertumbuhan mutlak, laju pertumbuhan harian dan pertumbuhan panjang mutlak benih ikan Wader Pari ukuran 1-2 cm yang dipelihara di kolam air mengalir selama 42 hari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2015/698/051600391
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.9 Other natural resources > 333.91 Water and lands adjoining bodies of water
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 17 Feb 2016 14:13
Last Modified: 20 Oct 2021 14:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134580
[thumbnail of BAB_3_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
BAB_3_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_4_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
BAB_4_SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of COVER_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
COVER_SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_5_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
BAB_5_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_1_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
BAB_1_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_2_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
BAB_2_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item