Struktur Komunitas Yang Berasosiasi Pada Spesies Mangrove Anakan di Kawasan Mangrove Pantai Clungup. Malang, Jawa Timur

Anindita, EmiliaSurya (2015) Struktur Komunitas Yang Berasosiasi Pada Spesies Mangrove Anakan di Kawasan Mangrove Pantai Clungup. Malang, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Hutan mangrove merupakan pemasok bahan organik serta penyedia bahan makanan untuk organisme yang hidup pada perairan sekitarnya seperti daerah pesisir. Salah satu kelompok fauna yang berasosiasi pada mangrove adalah gastropoda. Kawasan mangrove Pantai Clungup, Malang merupakan kawasan hutan mangrove yang dijadikan mangrove konservasi. Dalam kegiatan konservasi ini tidak hanya memperhatikan jenis mangrove tetapi juga berhubungan keberadaan organisme yang akan berasosiasi pada mangrove anakan yang di tanam. Diduga kelimpahan gastropoda akan mempengaruhi keberadaan mangrove anakan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui jenis mangrove anakan, mengetahui gastropoda yang berasosiasi pada hutan mangrove dan menganalisis asosiasi dari gastropoda terhadap kerapatan anakan mangrove di hutan Mangrove Pantai Clungup, Malang, Jawa Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan melakukan survei sehingga mengetahui keadaan lokasi. Analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Penentuan stasiun didasarkan pada keberadaan mangrove anakan yang ada pada lokasi, kemudian mangrove dan gastropoda diidentifikasi. Pengambilan data parameter fisika kimia (suhu, pH, salinitas, DO) langsung di lapangan dan untuk substrat dan C-Organik dianalisiskan di Laboratorium Fisika dan Kimia Tanah Jurusan Ilmu Tanah Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya, Malang. Hasil dari penelitian ini di dapatkan jenis mangrove anakan yang ditemukan pada hutan mangrove di Pantai Clungup adalah Sonneratia alba, Rhizopora apiculata, Rhizopora mucronata, dan Ceriops tagal. Gastropoda yang berasosiasi pada hutan mangrove di Pantai Clungup meliputi Cerithidea cingulata, Cerithidea quardata, Telescopium telescopium, Littoria scabra, Chicoreus capucinus, Natica tigrina. Pengaruh gastropoda pada mangrove menunjukkan bahwa kerapatan mangrove anakan dan kelimpahan gastropoda memilki korelasi tinggi (-) persamaan y = -36,51x+1172 dan R2 0.995. Dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kelimpahan gastropoda maka semakin rendah kerapatan anakan mangrove.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2015/694/051600387
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 02 Feb 2016 10:33
Last Modified: 20 Oct 2021 14:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134576
[thumbnail of ANALISIS_GASTROPODA_YANG_BERASOSIASI_PADA_SPESIES_MANGROVE_ANAKAN_(Repaired).pdf]
Preview
Text
ANALISIS_GASTROPODA_YANG_BERASOSIASI_PADA_SPESIES_MANGROVE_ANAKAN_(Repaired).pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item