Studi tentang Penyakit Karang Scleractinia di Perairan Kondang Merak Kabupaten Malang

Cleopatria, Kapti (2015) Studi tentang Penyakit Karang Scleractinia di Perairan Kondang Merak Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pantai Kondang Merak berada di wilayah Malang Selatan dan merupakan salah satu dari puluhan pantai lain yang berada dalam garis Pantai Selatan Jawa. Wilayah Kondang Merak memiliki keragaman ekosistem yang relatif tinggi yaitu antara lain ekosistem mangrove, lamun dan terumbu karang. Perairan Kondang Merak memiliki reef flat hingga 300 meter dari bibir pantai dengan tutupan karang yang relatif baik dan masih sangat terjaga. Informasi mengenai ekosistem terumbu karang maupun infeksi penyakit karang pada wilayah Kondang Merak masih terbilang sangat sedikit. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan analisis statistik dengan melakukan pengukuran parameter lingkungan perairan Kondang Merak, pengukuran tutupan karang keras dengan menggunakan metode transek garis. Identifikasi jenis penyakit menggunakan Raymundo et al., (2008). Analisis statistik menggunakan metode uji T dan One Way ANOVA. Hasil pengukuran parameter lingkungan perairan di Kondang Merak menunjukkan tiga dari empat parameter perairan Kondang Merak masih dapat ditumbuhi karang dengan baik yaitu suhu, DO dan pH. Perairan Kondang Merak memiliki keadaan lingkungan yang memungkinkan karang untuk bisa tumbuh dan berkembang. Nilai-nilai rata-rata parameter kualitas air antara lain adalah suhu 27,01⁰C, salinitas 35‰, DO 7,54 mg/l dan pH 8. Hasil perhitungan tutupan karang didapat tutupan terumbu karang di perairan Kondang Merak sebesar 41% pada wilayah barat dan 37% pada wilayah timur dan termasuk dalam kategori sedang. Pada identifikasi penyakit karang ditemukan 3 kategori penyakit yaitu TLP (Tissue Loss Predation), TD (Tissue Discolouration), dan GA (Growth Anomaly). Nilai signifikansi uji T untuk perbandingan penyakit karang di wilayah timur adalah 0,011 dan di wilayah barat adalah 0,001. Pengaruh life form terhadap penyakit karang di wilayah barat memiliki signifikansi sebesar 0,010 dan di wilayah timur sebesar 0,097.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2015/503/051505811
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 27 Aug 2015 11:08
Last Modified: 20 Oct 2021 07:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134372
[thumbnail of Laporan_Skripsi.pdf]
Preview
Text
Laporan_Skripsi.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item