Analisis Distribusi Ukuran Butir Sedimen Di Teluk Prigi, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur

Lutfitasari, Lely (2015) Analisis Distribusi Ukuran Butir Sedimen Di Teluk Prigi, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perairan pesisir pantai merupakan perairan yang mempunyai nilai sumberdaya hayati yang tinggi. Pertumbuhan penduduk dan kegiatan pembangunan akan memberikan pengaruh dan dampak pada lingkungan sekitarnya. Apabila pembangunan direncanakan dengan tidak baik maka akan berakibat penurunan kualitas perairan, karena akan terjadi salah satunya berupa penumpukan zat-zat hara yang dibawa aliran sungai ke muara dan kemudian terakumulasi di pantai. Pesatnya perkembangan wilayah Pantai Prigi dalam hal pengembangan kegiatan pemukiman penduduk, jalur pelayaran dan perhubungan, pelabuhan, perikanan, serta reklamasi pantai telah memberikan dampak terhadap ekosistem pesisir, kualitas perairan. Material material yang masuk ke dalam perairan dibawa sungai menuju laut dan mengendap didasar perairan. Material-material tersebut berupa organik dan anorganik yang disebut sedimen. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik ukuran butir sedimen yang dominan di Teluk Prigi dan mengetahui sebaran butir sedimen di Teluk Prigi, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Dalam pengambilan data dilakukan pengambilan data secara langsung dan untuk pengolahan data didapatkan hasil data primer dan data sekunder. Berdasarkan karakteristik ukuran butir sedimen yang dominan di Teluk Prigi, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur didominasi oleh pasir sedang dan pasir halus kemudian untuk sorting memiliki klasifikasi sangat baik, kemudian untuk skewness/kemiringan memiliki klasifikasi simetris, sangat halus, halus. dan untuk kurtosis memiliki klasifikasi very leptokurtic, platykurtic, mesokurtic,dan leptokurtic. Dan untuk sebaran butir sedimen di Teluk Prigi Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur memiliki ukuran diameter sedimen berupa kerikil, pasir sangat kasar, pasir kasar, pasir sedang, pasir halus, pasir sangat halus dan lanau.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2015/458/ 051505766
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 26 Aug 2015 11:33
Last Modified: 21 Jul 2022 07:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134321
[thumbnail of LELY LUTFITASARI.pdf] Text
LELY LUTFITASARI.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item