Pengaruh Padat Tebar yang Berbeda Terhadap Kelulushidupan dan Laju Pertumbuhan Ikan Sidat (Anguilla bicolor.) Stadia Elver dalam Pemeliharaan dengan Sistem Resirkulasi Pada Salinitas 8 PPT

Silvia, Jessica (2015) Pengaruh Padat Tebar yang Berbeda Terhadap Kelulushidupan dan Laju Pertumbuhan Ikan Sidat (Anguilla bicolor.) Stadia Elver dalam Pemeliharaan dengan Sistem Resirkulasi Pada Salinitas 8 PPT. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ikan sidat, Anguilla sp. merupakan jenis ikan yang laku di pasar internasional (Jepang, Hongkong, Jerman, Italia dan beberapa negara lain). Maka daripada itu ikan sidat ini memiliki potensi sebagai komoditas ekspor. Saat ini, kebutuhan pasar dunia terhadap ikan sidat mencapai 300.000 ton per tahun tetapi hanya 14 % yang masih terpenuhi, banyaknya permintaan ikan sidat ini membuka peluang untuk dikembangkan sebagai komoditas budidaya di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh padat tebar yang berbeda terhadap kelulushidupan dan laju pertumbuhan dan untuk mengetahui padat tebar optimal ikan Sidat (Anguilla sp.) stadia elver dalam pemeliharaan dengan sistem resirkulasi pada salinitas 8 ppt. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Reproduksi, Pembenihan dan Pemuliaan Ikan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Brawijaya, Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Terdapat tiga perlakuan yaitu, A padat tebar 5 ekor/liter, B padat tebar 7 ekor/liter dan C padat tebar 9 ekor/liter. Parameter utama yang diamati pada penelitian ini adalah kelulushidupan (SR) dan laju pertumbuhan harian (SGR), sedangkan parameter penunjang yang diamati adalah kualitas air pada media pemeliharaan ikan Sidat yang meliputi suhu, pH, oksigen terlarut (DO), amonia (NH3), nitrit (NO2) dan nitrat (NO2). Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis keragaman (ANOVA). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kelulushidupan pada perlakuan A sebesar 98,75%, perlakuan B sebesar 97,62% dan perlakuan C sebesar 100 %. Analisis statistik yang dilakukan menunjukkan perbedaan padat penebaran tidak memberikan pengaruh yang berbeda nyata antar perlakuan. Laju pertumbuhan harian (SGR) pada perlakuan A sebesar 0,59 % bobot tubuh perhari, pada perlakuan B sebesar 0,56 % bobot tubuh perhari, dan pada perlakuan C sebesar 0,54 % bobot tubuh perhari. Analisis statistik yang dilakukan menunjukkan perlakuan padat penebaran memberikan pengaruh yang berbeda sangat nyata terhadap laju pertumbuhan antar perlakuan. Dari analisa statistik diperoleh padat tebar yang terbaik yaitu padat tebar 9 ekor/liter. Kualitas air selama penelitian masih dalam batas optimal untuk kehidupan ikan Sidat, yaitu suhu berkisar antara 23,8 – 28,9 0C, pH berkisar antara 5,18 – 7,8, oksigen terlarut (Dissolved oxygen) berkisar antara 4,92 – 8,85mg/l, amonia (NH3) berkisar antara 0,051-0,186 mg/l, nitrit (NO2) berkisar antara 0,3-0,9 mg/l dan nitrat (NO3) berkisar antara 41,67-50 mg/l. Disimpulkan bahwa padat penebaran yang berbeda memberikan pengaruh terhadap laju pertumbuhan ikan Sidat dengan hasil terbaik pada perlakuan A dengan kepadatan 5 ekor/liter. Namun, perbedaan padat penebaran tidak memberikan pengaruh terhadap kelulushidupan ikan Sidat. Apabila ingin mendapatkan laju pertumbuhan yang terbaik disarankan untuk menggunakan kepadatan 5 ekor/liter agar persentase laju pertumbuhannya tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2015/445/051505753
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.9 Other natural resources > 333.91 Water and lands adjoining bodies of water
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 27 Aug 2015 09:09
Last Modified: 24 Nov 2021 01:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134307
[thumbnail of Laporan_Skripsi.pdf] Text
Laporan_Skripsi.pdf

Download (11MB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (34kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (14kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (4kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (1kB)

Actions (login required)

View Item View Item