Pengaruh Pemberian Pupuk Cair terhadap Pertumbuhan Spirulina sp

Maziyyah, Ifaaf (2015) Pengaruh Pemberian Pupuk Cair terhadap Pertumbuhan Spirulina sp. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Fitoplankton merupakan tumbuhan air berukuran mikroskopis yang ketersediaannya sangat dibutuhkan sebagai pakan alami terutama pada kegiatan pembenihan. Ketersediaan fitoplankton sebagai pakan alami merupakan salah satu faktor penting dalam pemenuhan gizi terutama pada stadia larva ikan dan udang. Salah satu jenis fitoplankton yang dimanfaatkan sebagai pakan alami yaitu Spirulina sp.. Spirulina sp. merupakan alga berukuran mikroskopis dari genus Cyanophyta (alga hijau-biru). Kandungan makro dan mikro nutrien pada Spirulina sangat tinggi sehingga selain digunakan sebagai makanan alami untuk larva ikan dan udang Spirulina juga dimanfaatkan sebagai suplemen serta makanan bagi manusia, industri, farmasi serta bahan pembuatan kosmetik. Dalam kultur Spirulina sp. dibutuhkan unsur hara (pupuk) sebagai sumber nutrisi untuk pertumbuhannya. Selama ini pupuk yang digunakan dalam kultur pakan alami adalah pupuk teknis seperti pupuk walne. Mahalnya harga pupuk walne menjadi dasar pencarian sumber alternatif pupuk untuk kultur Spirulina sp. sehingga mampu mencukupi kebutuhan nutrien pada media kultur dengan harga yang ekonomis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk cair “PEMIMPIN SPOK” terhadap pertumbuhan dan biomassa Spirulina sp. serta untuk mengetahui dosis pemberian pupuk cair “PEMIMPIN SPOK” yang optimal terhadap pertumbuhan dan biomassa Spirulina sp.. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan yaitu perlakuan A dengan dosis 2 ml/L, perlakuan B dengan dosis 2,5 ml/L, perlakuan C dengan dosis 3 ml/L dan perlakuan D dengan dosis 3,5 ml/L. Parameter utama yang diamati dalam penelitian meliputi pertumbuhan Spirulina sp., Laju pertumbuhan spesifik Spirulina sp. dan Biomassa Spirulina sp.. Parameter penunjang meliputi suhu, pH, DO, nitrat dan fosfat. Pemberian pupuk cair dengan dosis yang berbeda memberikan pengaruh yang berbeda terhadap laju pertumbuhan dan biomassa Spirulina sp.. Dosis pupuk yang optimal yaitu 2,43 ml/L dengan laju pertumbuhan dan biomassa masing-masing sebesar 0,99 dan 3,19 gr/L. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan disarankan untuk budidaya Spirulina sp. menggunakan pupuk cair “PEMIMPIN SPOK” dengan dosis 2,43 mg/L.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2015/426/051505734
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.9 Other natural resources > 333.91 Water and lands adjoining bodies of water
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Aug 2015 13:56
Last Modified: 20 Oct 2021 05:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134285
[thumbnail of LAPORAN_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
LAPORAN_SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item