Pengaruh Substrat Yang Berbeda Terhadap Jumlah Telur Yang Menempel Dan Daya Tetas Ikan Corydoras sterbai (Corydoras sterbai)

Pangestu, TitahMundiarti (2015) Pengaruh Substrat Yang Berbeda Terhadap Jumlah Telur Yang Menempel Dan Daya Tetas Ikan Corydoras sterbai (Corydoras sterbai). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Usaha budidaya ikan Corydoras sterbai (C. sterbai) hingga saat ini mulai berkembang. Untuk memenuhi permintaan pasar, perlu diiringi dengan keberhasilan budidaya ikan Corydoras sterbai (C. sterbai). Keberhasilan budidaya ikan Corydoras sterbai antara lain dapat dilihat dari banyaknya jumlah telur yang menempel pada substrat dan daya tetasnya. Sampai saat ini belum ada studi tentang substrat penempelan telur yang paling baik untuk budidaya ikan Corydoras sterbai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh substrat yang berbeda terhadap jumlah telur yang menempel dan daya tetas ikan Corydoras sterbai. Ikan uji yang digunakan adalah induk ikan Corydoras sterbai (C. sterbai) ukuran 6 -7 cm dengan berat rata-rata 4 gr sebanyak 24 ekor (12 ekor induk jantan dan 12 ekor induk betina), yang didapatkan dari “Koperasi Ikan Hias Candrabhaga” Bekasi, Jawa Barat. Perlakuan yang diberikan yaitu (K) tidak diberi substrat/kontrol, (A) substrat ijuk, (B) substrat pipa PVC dan (C) substrat tali rafia dengan 3 kali ulangan. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK). Analisis data dilakukan dengan analisis keragaman atau uji F. Apabila nilai F berbeda nyata atau berbeda sangat nyata maka untuk membandingkan nilai antar perlakuan dilanjutkan dengan uji BNT (Beda Nyata Terkecil). Selama penelitian dilakukan pengukuran fisika, kimia air meliputi : pH, DO dan suhu. Jumlah telur ikan Corydoras sterbai (C. sterbai) yang menempel tertinggi didapat pada perlakuan B (pemberian substrat pipa PVC) dengan rata-rata sebesar 355 butir dan terendah didapat pada perlakuan K (tidak diberikan substrat/kontrol) dengan rata-rata sebesar 0 butir. Daya tetas telur ikan Corydoras sterbai (C. sterbai) tertinggi didapat pada perlakuan B (pemberian substrat pipa PVC) dengan rata-rata sebesar 76,27 % dan terendah didapat pada perlakuan K (tidak diberikan substrat/ kontrol) dengan rata-rata sebesar 0%. Parameter kualitas air seperti pH, DO dan suhu yang diukur selama penelitian berada pada kisaran normal, sehingga tidak memberikan pengaruh yang nyata pada jumlah telur yang menempel dan daya tetas telur ikan Corydoras sterbai (C. sterbai). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian substrat yang berbeda berpengaruh terhadap jumlah telur yang menempel dan daya tetas ikan Corydoras sterbai (C. sterbai). Pemberian substrat pipa PVC didapat hasil tertinggi dibandingkan dengan perlakuan pemberian substrat ijuk dan tali rafia, baik terhadap jumlah telur yang menempel maupun terhadap daya tetas ikan Corydoras sterbai (C. sterbai).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2015/425/051505733
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.9 Other natural resources > 333.91 Water and lands adjoining bodies of water
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Aug 2015 13:49
Last Modified: 20 Oct 2021 05:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134284
[thumbnail of TITAH_MUNDIARTI_PANGESTU_115080500111043.pdf]
Preview
Text
TITAH_MUNDIARTI_PANGESTU_115080500111043.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item