Penurunan Timbal (Pb) Tepung Buah Mangrove Avicennia Marina Dengan Perendaman Larutan Asam Jawa (Tamarindus Indica Linn) Pada Konsentrasi Yang Berbeda.

Bestari, AlifiaMega (2015) Penurunan Timbal (Pb) Tepung Buah Mangrove Avicennia Marina Dengan Perendaman Larutan Asam Jawa (Tamarindus Indica Linn) Pada Konsentrasi Yang Berbeda. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Mangrove jenis api-api (Avicennia marina) untuk dijadikan bahan makanan harus melalui proses pengolahan terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan di dalam buah jenis ini mempunyai kandungan toksik yang cukup berbahaya jika dikonsumsi oleh manusia. Selain itu pengolahan ini dimaksudkan untuk menghilangkan kadar garam yang terkandung dalam buah. Namun apabila diolah dengan baik maka buah ini aman untuk dikonsumsi. Kualitas tepung sangat ditentukan oleh beberapa faktor, salah satunya kadar Pb maksimal 1 ppm. Dengan kandungan Pb tepung mangrove dibawah 1 ppm, maka tepung mangrove tersebut layak dikonsumsi manusia. Asam jawa terdiri dari asam organik seperti mengandung asam tartarat 12-18% dan asam sitrat 15%. Kedua Asam tersebut memiliki gugus karboksil yang sangat efektif sebagai pengikat logam (chelating agent). Tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk mengetahui pengaruh konsentrasi larutan asam jawa terhadap kandungan Pb tepung Avicennia marina dan untuk mengetahui konsentrasi optimal larutan asam jawa sehingga dapat menghasilkan tepung Avicennia marina dengan kadar Pb paling rendah. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Nutrisi Ikan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Laboratorium Perekayasaan Hasil Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan dan Laboratorium Kimia Organik Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus – September 2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode eksperimen. Tujuan dari penelitian eksperimen ialah untuk menyelidiki ada tidaknya hubungan sebab akibat dengan cara memberikan perlakuan tertentu pada kelompok eksprimen Hasil analisis Pb menunjukkan bahwa perlakuan konsentrasi larutan asam jawa 25% (perlakuan terbaik) dapat menghasilkan tepung Avicennia marina dengan nilai reduksi terbesar yakni 69% dan kandungan Pb paling rendah yaitu 0,30 ppm dengan kadar karbohidrat 86,45%; kadar air 4,81%; kadar protein 3,75%; kadar lemak 0,47%; kadar abu 1,12% dan kadar tanin 239 ppm.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2015/42/051500709
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.9 Other natural resources > 333.91 Water and lands adjoining bodies of water
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Feb 2015 14:05
Last Modified: 20 Oct 2021 05:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134278
[thumbnail of LAPORAN_SKRIPSI_(ALIFIA_MEGA_BESTARI).pdf]
Preview
Text
LAPORAN_SKRIPSI_(ALIFIA_MEGA_BESTARI).pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item