Aktivitas Enzim Amilase Benih Ikan Gurame (Osphronemus Gouramy) Menggunakan Teknik Bioflok Dengan Sumber Karbon Yang Berbeda.

Zaen, YudiasQurtubi (2015) Aktivitas Enzim Amilase Benih Ikan Gurame (Osphronemus Gouramy) Menggunakan Teknik Bioflok Dengan Sumber Karbon Yang Berbeda. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ikan Gurame (Osphronemus gouramy) adalah salah satu komoditas budidaya air tawar yang tergolong dalam famili ikan labirin (Anabantidae). Ikan ini tersebar di kawasan tropis mulai dari India sampai Semenanjung Malaya dan Indonesia. Ikan Gurame bernilai ekonomi penting dan harganya di pasar cukup tinggi. Pertumbuhan ikan pada kondisi lingkungan yang optimal ditentukan oleh jumlah dan mutu pakan yang dikonsumsi. Pakan yang dikonsumsi dan digunakan dalam proses biosintesis untuk menghasilkan pertumbuhan harus melalui proses pencernaan dan penyerapan pada saluran pencernaan. Dengan demikian kondisi saluran pencernaan memegang peranan penting dalam mengubah pakan menjadi nutrien. Pada sistem pencernaan Ikan Gurame terdapat enzim pencernaan yang lebih berperan daripada enzim pencernaan lainnya yaitu enzim amilase. Enzim amilase sendiri yang berperan untuk mengubah pakan (senyawa komplek) menjadi nutrien (senyawa sederhana). Teknologi bioflok diharapkan menjadi salah satu alternatif pemecahan masalah lambatnya pertumbuhan ikan Gurame. Penelitian ini dilakukan di Labolatorium Reproduksi, Pembenihan dan Pemuliaan Ikan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Brawijaya, Malang pada bulan 6 Juli sampai 6 Agustus 2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas enzim amilase benih ikan gurame (Osphronemus gouramy) menggunakan teknik bioflok dengan sumber karbon yang berbeda. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen yaitu mengadakan percobaan untuk melihat suatu hasil dan rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL), menggunakan 3 perlakuan dengan sumber karbon yang berbeda yaitu : (A) sumber karbon Tepung Sagu; (B) sumber karbon Tepung Sagu + Tepung Tapioka; (C) sumber karbon Tepung Tapioka. Masing-masing perlakuan diulang sebanyak 3 kali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik pemeliharaan bioflok dengan sumber karbon yang berbeda berpengaruh nyata terhadap aktivitas enzim amilase benih Gurame dengan nilai rata-rata aktivitas enzim amilase tertinggi sebesar 0,29 Mg glukosa/g/menit pada perlakuan sumber karbon tepung tapioka, begitu juga untuk laju pertumbuhan benih Gurame didapat hasil yang berpengaruh sangat nyata dengan nilai rata-rata laju pertumbuhan tertinggi sebesar 0,49 g/hari pada perlakuan sumber karbon tepung tapioka. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah pada teknik pemeliharaan bioflok dengan sumber karbon yang berbeda, berpengaruh nyata terhadap aktivitas enzim amilase benih ikan Gurame dan berpengaruh sangat nyata terhadap laju pertumbuhan benih Gurame. Usaha pemeliharaan benih ikan Gurame (Osphronemus gouramy) dengan teknik bioflok disarankan menggunakan sumber karbon dari tepung tapioka. Untuk penelitian selanjutnya disarankan menggunakan ukuran ikan yang berbeda.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2015/40/051500707
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.9 Other natural resources > 333.91 Water and lands adjoining bodies of water
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Feb 2015 13:33
Last Modified: 20 Oct 2021 04:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134256
[thumbnail of F.pdf]
Preview
Text
F.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item