Analisis Kerentanan Pesisir Di Perairan Pulau Gili Ketapang Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur

Kusumawati, DesianaWahyu (2015) Analisis Kerentanan Pesisir Di Perairan Pulau Gili Ketapang Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pulau Gili Ketapang memiliki berbagai potensi pesisir yang mengakibatkan peningkatan kebutuhan lahan dan prasarana lainnya, sehingga akan timbul masalah-masalah baru di wilayah pesisir. Masalah-masalah seperti perubahan morfologi pantai salah satunya adalah terjadinya abrasi dan akresi laut sehingga menjadikan wilayah pesisir rentan terhadap semua gejala-gejala alam. Oleh karena itu, diperlukan suatu studi mengenai analisis kerentanan pesisir untuk menjadi bahan pertimbangan dalam pengelolaan wilayah pesisir sehingga dapat meminimalisir kerugian. Penelitian dengan judul Analisis Kerentanan Pesisir Di Perairan Pulau Gili Ketapang Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur ini dilaksanakan pada bulan April 2015 di Perairan Pulau Gili Ketapang Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui parameter dominan kerentanan pesisir Perairan Pulau Gili Ketapang serta mengetahui dan menganalisis wilayah Pulau Gili Ketapang yang mengalami kerentanan. Pelaksanaan penelitian ini dibagi dalam beberapa tahap yaitu tahap persiapan pengumpulan data parameter kerentanan pantai yang terdiri dari google earth pro multitemporal (2004 dan 2014) sebagai input data perubahan garis pantai, data GDEM (Aster) tahun 2014 sebagai input data elevasi, citra satelit Landsat 8 tahun 2014 sebagai input dari data geomorfologi, data gelombang signifikan yang bersumber dari pengukuran langsung dilapang, data pasut yang bersumber dari Tidal Model Driver (TMD) untuk menentukan tunggang pasang surut, serta citra satelit altimetri topex/poseidon untuk mencari tinggi muka air laut. Kemudian setelah memperoleh dan mengolah data ke enam parameter tersebut, dilakukan ground check ke lapang sebagai validasi hasil pengolahan data dengan keadaan pesisir yang sebenarnya, setelah itu dilakukan scorring yaitu memberi kisaran nilai pada setiap parameter sesuai dengan kriterianya. Kemudian masing-masing parameter yang telah memiliki skor, selanjutnya dikelompokkan tingkat kerentanannya menjadi empat kriteria yaitu tidak rentan, sedang, rentan dan sangat rentan sehingga klasifikasi tersebut pada akhirnya dapat dibuat peta kerentanan pesisir di perairan Pulau Gili Ketapang dan dianalisis parameter dominan kerentanan pesisir dan daerah yang rentan terhadap semua parameter tersebut. Berdasarkan enam parameter kerentanan yaitu elevasi, kenaikan muka air laut relatif, perubahan garis pantai, geomorfologi, rata-rata tinggi gelombang signifikan serta tunggang pasang surut, pesisir perairan Pulau Gili Ketapang termasuk kedalam tingkat kerentanan sangat rentan dengan luas wilayah 4617 m2 di utara maupun bagian selatan pulau ini sedangkan parameter yang paling dominan dalam kerentanan pulau ini yaitu kenaikan muka air laut relatif. Wilayah Pulau Gili Ketapang yang termasuk kedalam klasifikasi kerentanan sangat rentan berada di sebelah utara pulau ini yaitu daerah yang rentan terhadap perubahan garis pantai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2015/359/ 051505667
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 18 Aug 2015 10:03
Last Modified: 18 Aug 2015 10:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134210
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item