Rencana Strategis Pengelolaan Kawasan Konservasi Pantai Pasir Putih Kabupaten Situbondo Propinsi Jawa Timur

Wicaksono, Bella (2015) Rencana Strategis Pengelolaan Kawasan Konservasi Pantai Pasir Putih Kabupaten Situbondo Propinsi Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Kawasan Konservasi Pantai Pasir Putih Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo Propinsi Jawa Timur mulai bulan April sampai Mei 2015. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyusun rencana strategi kawasan konservasi Pantai Pasir Putih Kabupaten Situbondo serta merumuskan arahan strategi/kebijakan yang tepat dalam pengembangan kawasan konservasi Pantai Pasir Putih Kabupaten Situbondo menuju wilayah pesisir dan lautan terpadu lestari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif yang dilakukan dengan survey ke lapang dan membagikan quisioner kepada responden. Sedangkan analisis yang digunakan adalah analisis Strength, Weaknesses, Opportunity, and Threats (SWOT) dan Analysis Hierarchy Procces (AHP). Dari analisa matrik SWOT yang telah diolah didapatkan posisi analisis matrik grand strategi pada kuadran 1 yaitu mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth Oriented Strategy) menggunakan strategi Strength Opportunities (SO) dengan strategi a) Dibuatkan kawasan konservasi perairan sebagai spot pengembangan ekowisata, b) Meningkatkan peran stakeholder setempat dalam pengembangan kawasan konservasi perairan, c) Mengadakan Program pelatihan dan pemberdayaan masyarakat pesisir Pantai Pasir Putih, d) Mengembangkan potensi di sektor pariwisata agar menambah pendapatan daerah, e) Menggunakan rencana strategi DKP Kabupaten Situbondo dan Perda Jatim sebagai pedoman dalam pengembangan kawasan konservasi. Sedangkan arahan strategi/kebijakan yang tepat diperoleh faktor yang akan menjadi prioritas kebijakan yang akan dilakukan a) melestarikan SD ikan dan biota laut, b) penataan kawasan dan pengembangan sarana dan prasarana, c) penegakan iv hukum dan kearifan lokal, d) meningkatkan produksi ikan dan kualitas SDM, e) meningkatkan usaha dan mempermudah akses modal usaha.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2015/346/ 051505059
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 13 Aug 2015 15:00
Last Modified: 13 Aug 2015 15:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134196
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item