Analisis Pengaruh Faktor Hidro Oseanografi Terhadap Karakteristik Sedimen Di Pantai Jenu, Kecamatan Jenu, Tuban,

Yussetiyawan, Heru (2015) Analisis Pengaruh Faktor Hidro Oseanografi Terhadap Karakteristik Sedimen Di Pantai Jenu, Kecamatan Jenu, Tuban,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pantai Jenu merupakan pantai yang berada di Desa Jenu, Tuban – Jawa Timur yang memiliki fungsi yang sangat penting bagi masyarakat sekitar pada khususnya. Wilayah Pantai Jenu difungsikan sebagai area pertambakan, pemukiman, wisata serta konservasi mangrove. Namun, ciri fisik alam yang berpotensi di wilayah Pantai Jenu membuat Pantai Jenu menjadi pantai yang rawan terjadinya abrasi, gelombang tinggi, banjir rob serta pendangkalan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat karakteristik Pantai Jenu dan nilai – nilai dari faktor hidro – oseanografi yang mempengaruhinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif / survei dengan menggunakan alat Current Meter untuk mengukur arus dan Ekman Grab untuk mengambil sedimen, sedangkan gelombang dan pasang surut digunakan data permalan dari ECMWF dan TMD. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah keadaan arus di Pantai Jenu dalam kondisi sehari – hari adalah 0,56 m/s nilai arus maksimum dan 0,005 – 0,007 m/s nilai arus minimum dengan nilai periode dan tinggi gelombang signifikan 1,71 m, 7,28 detik. Untuk pasang surut, berdasarkan perhitungan formzhal Pantai Jenu memiliki tipe pasang surut diurnal (F : 6,05) dengan karakterisitk sedimen 90% pasir halus di stasiun yang berada dekat daratan, 60% pasir halus dengan 40% lumpur dan lempung di stasiun 6 – 10, sedangkan stasiun yang berada di zona gelombang pecah memiliki komposisi 70% pasir halus dan sisanya adalah lumpur – lempung. Dilakukan perhitungan granulometri untuk mengetahui persebaran dan faktor hidro – oseanografi yang berpengaruh di setiap stasiun dengan penggambaran spasial menggunakan IDW pada ARCgis. Dari perhitungan granulometri diperoleh nilai sortasi yang menunjukkan stasiun 1 – 5 berkategori terpilah baik dan keseluruhan stasiun 6 – 12 termasuk kategori terpilah sangat jelek. Ditambah dengan nilai hasil skewness yang menunjukkan stasiun 1,5,6 - 12 berdistribusi skewness positif yang menandakan butir sedimen lebih condong ke arah halus, stasiun 2,3 dan 4 lebih condong ke arah kasar. Untuk karakteristik dari Pantai Jenu sendiri diperoleh bahwa Pantai Jenu memiliki karakteristik pantai yang rentan terhadap abrasi dan transport sedimen pada wilayah Pantai Jenu sangat dipengaruhi oleh gelombang di wilayah swash zone dan dipengaruhi oleh arus di wilayah surf zone. Untuk proses pengendapan sendiri terjadi di wilayah antara swash zone dan surf zone yang dipengaruhi oleh energi pasang surut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2015/34/051500701
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 04 Feb 2015 15:03
Last Modified: 20 Oct 2021 04:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134189
[thumbnail of LAPORAN_SKRIPSI_HERU_YUSSETIYAWAN.pdf]
Preview
Text
LAPORAN_SKRIPSI_HERU_YUSSETIYAWAN.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item