Pengaruh Pakan Yang Berbeda Terhadap Kelangsungan Hidup Dan Pertumbuhan Benih Ikan Gabus (Channa striata) Ukuran 3-5 cm

Kurniasari, IntanCahya (2015) Pengaruh Pakan Yang Berbeda Terhadap Kelangsungan Hidup Dan Pertumbuhan Benih Ikan Gabus (Channa striata) Ukuran 3-5 cm. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ikan Gabus (Channa striata) termasuk golongan ikan karnivora (pemakan daging), Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ikan Gabus yang dipelihara antara lain, pakan, stadia atau umur, jenis kelamin, genetik, status kesehatan ikan dan kualitas air. Pakan merupakan faktor yang memegang peranan sangat penting dan menentukan keberhasilan usaha perikanan, ketersediaan pakan juga merupakan salah satu faktor utama untuk menghasilkan pertumbuhan maksimal. Karena salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ikan Gabus adalah pakan dan pakan juga merupakan salah satu faktor yang memegang peranan penting, maka pakan yang diberikan harus memiliki kadar protein yang tinggi. Pada penelitian ini digunakan jenis pakan Cacing sutra (Tubifex sp), Daphnia sp dan Artemia sp. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Reproduksi Ikan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Brawijaya, Malang, pada bulan Maret 2015 sampai April 2015. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis pakan yang baik untuk pertumbuhan dan kelangsungan hidup benih ikan Gabus (C. striata) ukuran 3-5 cm. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 3 perlakuan pakan yaitu (A) Artemia sp, (B) Daphnia sp, (C) Cacing sutra, masing-masing 3 kali ulangan. Parameter utama yang diamati dalam penelitian ini adalah pertumbuhan dan persentase kelangsungan hidup. Parameter penunjang yang diamati adalah Kualitas Air yaitu pH, suhu dan DO. Dari hasil penelitian, ternyata pemberian pakan yang berbeda pada perlakuan A, B, dan C didapatkan hasil pertumbuhan panjang selama pemeliharan 30 hari masing-masing sebesar A 0,93%, B 0,60%, dan C 1,25% dan. Pertumbuhan panjang tertinggi didapatkan pada perlakuan C sebesar 1,25%. Hasil laju pertumbuhan (SGR) pada masing-masing perlakuan A, B, dan C yaitu sebesar A 0,74%, B 0,45%, dan C 1,39%. Laju pertumbuhan tertinggi didapat pada perlakuan C sebesar 1,39%. Dan Kelangsungan hidup (SR) pada perlakuan A, B, dan C sebesar A 86,66%, B 73,33%, dan C 95%. Kelangsungan hidup tertinggi didapat pada perlakuan C sebesar 95%. Hasil sidik ragam dari masing-masing parameter menunjukkan bahwa pemberian pakan yang berbeda pada ikan Gabus berpengaruh sangat nyata terhadap panjang ikan, laju pertumbuhan (SGR) dan kelangsungan hidup (SR). Hasil Kualitas Air selama masa pemeliharan benih ikan Gabus menunjukkan kisaran suhu, DO dan pH masih dapat ditoleransi sebagai media hidup ikan Gabus. Sehingga panjang ikan, laju pertumbuhan (SGR) dan kelangsungan hidup (SR) ikan Gabus dipengaruhi oleh pakan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2015/328/051505041
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.9 Other natural resources > 333.91 Water and lands adjoining bodies of water
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Aug 2015 12:50
Last Modified: 20 Oct 2021 03:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134176
[thumbnail of SKRIPSI_PDF.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_PDF.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item