Analisa Pengaruh Bentuk Lambung Kapal Cantrang terhadap Stabilitas dan Tahanan Kapal di PPP Mayangan Kota Probolinggo

Rihmi, MihrobiKhalwatu (2015) Analisa Pengaruh Bentuk Lambung Kapal Cantrang terhadap Stabilitas dan Tahanan Kapal di PPP Mayangan Kota Probolinggo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kapal perikanan adalah kapal yang digunakan untuk kegiatan perikanan. Kapal perikanan memiliki keragaman yang kompleks. Kapal cantrang adalah salah satu jenis kapal ikan berdasarkan alat tangkapnya. Kapal merupakan faktor penting dalam suatu usaha perikanan tangkap karena mempengaruhi biaya investasi, operasional dan performa yang mendukung keberhasilan penangkapan. Sejak dilarangnya alat tangkap trawl kapal cantrang banyak dioperasikan di wilayah perairan Probolinggo. Wilayah operasional kapal cantrang Probolinggo adalah di perairan selat Madura dan Madura kepulauan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu kapal cantrang yang terbuat dari kayu dan dibangun secara tradisional tidak melalui prosedur pembangunan yang benar sehingga meskipun memiliki ukuran yang hampir sama tetapi memiliki bentuk lambung yang berbeda (U, V dan UV), sehingga akan berpengaruh terhadap karakteristik, nilai stabilitas dan tahanan kapal. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa dan memodelkan bentuk lambung kapal cantrang yang memiliki karakteristik, nilai stabilitas dan tahanan yang terbaik untuk kapal cantrang Probolinggo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode disain spiral untuk merancang suatu lambung kapal, dimana pada masing-masing tahapan spiral menggunakan metode deskriptif komparatif untuk membandingkan nilai dari kriteria hidrostatis, stabilitas dan tahanan yang terbaik. Dalam melakukan pemodelan lambung kapal dan analisa karakteristik hidrostatis digunakan metode simulasi komputasi. Hasil dari pengujian bentuk lambung kapal U, V dan UV memiliki nilai karakteristik hidrostatis yang berbeda meskipun memiliki ukuran utama yang hampir sama dan volume displacementnya sama. Dari aspek stabilitas semua bentuk lambung kapal Probolinggo berada jauh diatas nilai standard yang dikriteriakan oleh IMO, dimana bentuk lambung U memiliki nilai stabilitas terbaik diikuti bentuk lambung UV dan V. Dari nilai tahanan bentuk lambung V memiliki nilai terbaik daripada bentuk lambung kapal UV dan U karena memiliki luas penampang yang lebih kecil dan bentuk yang lebih hidrodinamis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2015/287/051505000
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Aug 2015 09:52
Last Modified: 20 Oct 2021 02:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134130
[thumbnail of laporan_skripsi.pdf]
Preview
Text
laporan_skripsi.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item