Pengaruh Penambahan Tepung Eucheuma Cottonii Umur Panen 30 Hari Terhadap Indeks Glikemik Dan Kualitas Mie Kering

Perdania, SoviaNeily (2015) Pengaruh Penambahan Tepung Eucheuma Cottonii Umur Panen 30 Hari Terhadap Indeks Glikemik Dan Kualitas Mie Kering. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Mie kering pada umunya merupakan produk pangan yang berbahan baku tepung terigu. Tepung terigu memiliki kandungan pati yang berupa karbohidrat komplek. Kandungan karbohidrat yang tinggi menyebabkan mie memiliki nilai indeks glikemik yang tinggi. WHO merekomendasikan konsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah.Produk pangan dengan nilai indeks glikemik yang rendah dicirikan oleh tingginya kadar seart pangan total. Serat berperan dalam memperlambat laju pencernaan sehingga respon glikosa akan menjadi lebih rendah. Salah satu bahan pangan yang memiliki kandungan serat tinggi yaitu Eucheuma cottonii. E. cottonii memiliki kandungan karaginan yang berupa serat larut air. Penambahan tepung E. cottonii pada penelitian ini diharapkan dapat menurunkan nilai indeks glikemik pada mie kering. Pada umumnya rumput laut dipanen pada umur 1,5-2 bulan. Pada penelitian ini menggunakan rumput laut dengan umur panen 30 hari untuk mengetahui pengaruhnya terhadap indeks glikemik dan kualitas mie kering. Kualitas mie kering dapat diketahui berdasarkan kandungan gizi, sifat fisikokimia dan organoleptiknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan konsentrasi tepung E. cottonii yang berbeda dengan umur panen 30 hari terhadap indeks glikemik dan kualitas mie kering. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari – April 2015 di Laboratorium Perekayasaan Hasil Perikanan dan Laboratorium Pengolahan Hasil Perikanan dan Makanan Ikan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Laboratorium Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Laboratorium Pengujian Mutu dan Keamanan Pangan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan rancangan acak lengkap sederhana (RAL). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah perlakuan yang digunakan. Perlakuannya yaitu konsentrasi tepung E. cottonii yang digunakan yaitu 5%, 10% dan 15%. Variabel terikat pada penelitian ini adalah parameter yang diamati yaitu indeks glikemik, kadar air, kadar lemak, kadar protein, kadar abu, kadar karbohidrat, kadar iodium, kadar serat kasar, cooking loss, gaya tarik, aroma, warna, tekstur dan rasa. Berdasarkan penelitian ini, didapatkan hasil bahwa penambahan tepung E. cottonii yang berbeda pada pembuatan mie kering dapat berpengaruh terhadap indeks glikemik, kadar air, kadar protein, kadar abu, cooking loss, kadar iodium, kadar serat kasar, gaya tarik, aroma, warna dan rasa dan tidak berpengaruh terhadap kadar lemak, kadar karbohidrat dan tektur mie kering. Hasil terbaik diperoleh pada konsentrasi tepung rumput laut 15% yang dapat menurunkan nilai indeks glikemik pada mie kering menjadi sebesar 32,81 dengan kadar air 8,49%; kadar lemak 0,64%; kadar protein 12,92%; kadar abu 5%; kadar karbohidrat 72,95%; kadar iodium 34,44 ppm; kadar serat kasar 6,80%; cooking loss 4,04%; gaya tarik 0,3 N; aroma 2,6; warna 2,6; tekstur 2,7 dan rasa 2,5.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2015/255/051504859
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.9 Other natural resources > 333.91 Water and lands adjoining bodies of water
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Aug 2015 09:00
Last Modified: 20 Oct 2021 01:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134095
[thumbnail of 4.pdf]
Preview
Text
4.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER_LAPORAN.pdf]
Preview
Text
COVER_LAPORAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5.pdf]
Preview
Text
5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2.pdf]
Preview
Text
2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1.pdf]
Preview
Text
1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3.pdf]
Preview
Text
3.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item