Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Ikan Hasil Tangkapan yang di daratkan di PPI Pasongsongan Kabupten Sumenep

Umam, Hairul (2015) Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Ikan Hasil Tangkapan yang di daratkan di PPI Pasongsongan Kabupten Sumenep. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pasongsongan memiliki potensi alam yang sangat besar terutama dalam potensi laut atau perikanan. Purse seine merupakan salah satu alat tangkap yang banyak digunakan saat ini di berbagai wilayah begitupula di Desa Pasongsongan karena prospeknya sangat baik, terutama untuk penangkapan ikan pelagis kecil. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah dan menambah pengetahuan mengenai anilisis faktor yang mempengaruhi produksi ikan tangkapan purse seine di PPI Pasongsongan Kabupten Sumenep. Penelitian ini dilakukan di Desa Pasongsongan, Kecamatan Pasngsongan, Kabupaten Sumenep Madura, Jawa Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan cara pengambilan data meliputi data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan dari observasi, wawancara, dokumentasi dan kuisioner. Data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini adalah laporan skripsi, laporan disertasi, jurnal penelitian artikel penelitian, sedangkan data sekunder tambahan meliputi: kondisi umum daerah secara geografis dan administratif, kondisi umum perikanan tangkap di lokasi penelitian dan informasi perikanan yang diperoleh dari Dinas Pangkalan Pendaratan Ikan Desa Pasongsongan dan Kelurahan setempat. Variabel terikat dari penelitian ini adalah produksi hasil tangkapan, sedangkan variabel bebas dari penelitian ini adalah jumlah kapal yang melaut, jumlah ABK yang melaut, jumlah konsumsi solar, jumlah konsumsi bensin dan jumlah konsumsi es. Analisis yang digunakan adalah analisis cobb douglas. Hasil dari penelitian nilai Multiple R sebesar 0.68, sehingga dapat diartikan bahwa tingkat hubungan variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 68%. R Square sebesar 0.46 berarti variabel bebas yang digunakan memberikan pengaruh sebesar 46% terhadap variabel terikat, sedangkan 31% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Jumlah trip merupakan faktor yang berpengaruh paling signifikan terhadap produksi. Hal itu ditunjukan dari hasil uji T, dimana thitung untuk jumlah trip sebesar 1,09 lebih besar daripada nilai ttabel yang bernilai -1,71.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2015/241/051504845
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Aug 2015 12:33
Last Modified: 20 Oct 2021 00:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134080
[thumbnail of Laporan_Skripsi_(Hairul_Umam).pdf]
Preview
Text
Laporan_Skripsi_(Hairul_Umam).pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item