Kajian Tentang Persepsi Peserta Didik Smk Negeri 2 Turen Terhadap Pembangunan Kelautan Dan Perikanan Berbasis Blue Economy

Asrofi, FathurAli (2015) Kajian Tentang Persepsi Peserta Didik Smk Negeri 2 Turen Terhadap Pembangunan Kelautan Dan Perikanan Berbasis Blue Economy. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Turen, Jalan Gatot Subroto No. 69 Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada Bulan Maret sampai Bulan April 2015. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari persepsi peserta didik SMK Negeri 2 Turen terhadap blue economy, mengetahui pemahaman peserta didik terhadap pembangunan kelautan dan perikanan berbasis blue economy, kontribusi yang sudah dilakukan untuk mendukung pembangunan berbasis blue economy, dan merumuskan model yang tepat untuk meningkatkan pengetahuan peserta didik terhadap blue economy. Kegunaan penelitian ini yaitu bagi peserta didik untuk menambah wawasan dan pengetahuan terhadap blue economy sebagai bekal dimasa mendatang, bagi peneliti sebagai wawasan tentang persepsi peserta didik terhadap blue economy dan penelitian lebih lanjut, bagi perguruan tinggi sebagai pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi dan bagi pemerintah untuk dinas kelautan dan perikanan sebagai masukan tentang peran yang harus dilakukan bagi peserta didik SMK Kelautan dan Perikanan dalm setiap kebijakan yang digunakan, serta untuk dinas pendidikan sebagai rumusan dalam membuat kebijakan kurikulum terhadap SMK yang berbasis pada kelautan dan perikanan. Objek yang digunakan pada penelitian yaitu peserta didik dengan program keahlian Nautika Kapal Penangkapan Ikan, Teknika Kapal Penangkapan Ikan, Agribisnis Perikanan, dan Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan. Jenis penelitiann yang digunakan yaitu penelitian survei dengan populasi dan sampel dari kelas 1 dan kelas 2 yang memiliki program keahlian kelautan dan perikanan. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling melalui bantuan tabel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael dalam penentuan sampelnya. Strategi pengumpulan data yang digunakan yaitu metode focus group discussion (FGD). Sedangkan jenis dan sumber data meliputi data primer dan data sekunder, data primer meliputi wawancara, observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu dengan metode kualitatif melalui skala linkert. Berdasarkan hasil dan pembahasan dari penelitian didapatkan persepsi perserta didik terhadap blue economy sebelum adanya model pembelajaran yaitu sebesar 8,8% yang mengatahui dan sebesar 91,2% yang belum mengetahui. Setelah adanya model pembelajaran persepsi peserta didik yang sudah mengetahui yaitu sebesar 95,2% dan sebesar 4,8% yang masih belum mengetahui. Pemahaman peserta didik terhadap pembangunan kelautan dan perikanan sebelum adanya model pembelajaran yaitu belum ada sama sekalau yang mampu mendefinisikan. Akan tetapai setelah adanya model pembelajaran pemahaman peserta didik terhadap pembangunan kelautan dan perikanan adalah pembangunan yang dikembangkan melalui konsep blue economy dari masing-masing setiap program keahlian. Kontribusi peserta didik terhadap blue economy yaitu belum ada yang tahu, sedangkan setelah adanya model pembelajaran dengan berbagai penjelasan bahwa kontribusi yang harus dilakukan untuk saat ini yaitu dengan v mempersiapkan diri menjadi SDM yang unggul dan kompeten. Sedangkan kontribusi dimasa mendatang yaitu memiliki pola pikir blue economy setiap menjalani kehidupan sehari-hari ataupun dalam perumusan kebijakan demi meningkatkan kualitas perikanan dan kelautan Indonesia. Model pembelajaran yang digunakan yaitu berupa sosialisasi dengan menggunakan metode diskusi kelompok terfokus (FGD). Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini yaitu bagi pemerintah seharusnya memberikan kurikulum baru terutama pada SMK kelautan dan perikanan tentang mata pelajaran dasar yang didalamnya terdapat pokok bahasan terhadap kebijakan pembangunan kelautan dan perikanan. Akan tetapi jika sulit untuk merubah kurikulum maka sebaiknya diberlakukan untuk menetapkan surat keterangan pendamping ijazah (SKPI) sebagai syarat kelulusan. Bagi pengelola peserta didik seharusnya mampu mengintegrasikan blue economy pada setiap mata pelajaran dan kegiatan ekstra kurikuler. Serta bagi peserta didik harus mampu mempersiapkan diri secara mandiri untuk menjadi sumberdaya manusia yang berkualitas terutama dibidang perikanan dengan memiliki pola pikir sesuai dengan blue economy.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2015/240/ 051504844
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 25 Aug 2015 14:50
Last Modified: 25 Aug 2015 14:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134079
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item